• Minggu, 26 September 2021

Supardi Jalani Kursus Lisensi Kepelatihan B PSSI

- Rabu, 10 Februari 2021 | 19:35 WIB
dok/inilahkoran
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Kapten Persib Bandung, Supardi Nasir mulai  menunjukan keseriusannya untuk menjadi pelatih sepak bola. Terbukti, pemilik nomor punggung 22 itu mengikuti kursus Lisensi B PSSI di Padang pada sejak 5 Februari hingga 19 Februari mendatang.

Selain Supardi, beberapa nama top lainnya juga ambil bagian dalam kursus B PSSI di Padang itu. Seperti asisten pelatih Persija Jakarta, Antonio Claudio de Jesus Oliveira.

Supardi mengaku bersyukur dengan program yang dikeluarkan PSSI ini. Paling tidak, bisa memperbaharui Lisensi C PSSI yang sudah dikantonginya lebih dulu.

"Syukurlah, saya bisa melanjutkan kursus kembali ke level yang lebih tinggi. Tidak mudah menjadi pelatih. Saya berharap bisa mendapatkan ilmu lebih lagi dari yang sudah saya dapatkan di kursus sebelumnya," ungkap Supardi dilansir laman resmi PSSI. 

Disisi lain, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk keseriusan PSSI untuk bisa memajukan sepak bola Indonesia. Terlebih, penyelenggaraan Lisensi ini memiliki waktu yang pas lantaran tidak ada kompetisi yang dijalani setelah PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum mendapatkan izin dari pihak kepolisian (Polri) akibat pandemi Covid-19. 

"PSSI akan terus mengadakan kegiatan kursus kepelatihan, meski ditengah situasi pandemi saat ini. Kita tetap bekerja, sesuai dengan arahan dari Ketua Umum PSSI, saat ini kami memang sedang fokus untuk menciptakan, menambah dan meningkatkan pelatih-pelatih handal di Tanah Air. Jadi ini saatnya berkembang bersama untuk memperbaiki kualitas sepak bola Indonesia, kami berharap semakin banyak pemain saat aktif bermain sudah mengikuti kursus pelatih," kata Indra Sjafri. 

Selain di Padang, kursus kepelatihan Lisensi B PSSI ini digelar juga di Batu Malang. Terhitung sejak 8 Februari hingga 21 Februari mendatang. 

Kursus kali ini di Padang, yang bertindak sebagai instruktur adalah Emral Abus. Mantan Direktur Teknik Persib itu ditemani oleh asisten instruktur Syafrianto Rusli. Lalu, untuk kursus di Batu, Malang, Hanafing sebagai instruktur dan Wolfgang Pikal, sebagai asistennya.

Bertempat di Stadion H Agus Salim Padang untuk kegiatan prakteknya, dan Hotel Ibis Padang sebagai tempat pemberian materi mengenai teorinya. Kemudian untuk di Batu, Malang, bertempat di Agrowisata. (Muhammad Ginanjar)

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

X