• Minggu, 26 September 2021

Banyak Pemain Persib Berbisnis, Ini Tanggapan Umuh Muchtar

- Selasa, 16 Februari 2021 | 15:27 WIB
dok/inilahkoran
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar mengaku sedikit lega dengan kondisi para pemainnya. Padahal sudah hampir satu tahun, tidak ada kompetisi yang dijalani akibat pandemi Covid-19. 

Tidak hanya itu, Supardi Nasir dan kawan-kawan juga harus menerima potongan gaji. Sesuai dengan keputusan PSSI, seluruh klub diperbolehkan membayar sebesar 25 persen dari total gaji yang didapatkan.

Kondisi ini, tentu menyulitkan para pemain, tak terkecuali penggawa Persib Bandung. Apalagi bagi pemain yang memiliki penghasilan dari sepak bola. 

Namun, Umuh lega lantaran para pemainnya menjalankan bisnis. Artinya, biaya hidupnya tidak hanya mengandalkan dari sepak bola, melainkan dari bisnis yang ditekuninya.

Bahkan, kata Umuh, cukup banyak pemainnya yang sudah mulai berbisnis. Seperti halnya I Made Wirawan yang membuka toko perlengkapan olahraga. 

Lalu, Kim Jeffrey Kurniawan yang membuka bisnis barbershop dan kuliner. Ada juga Dedi Kusnandar yang menjalankan kuliner serta laundry, Zalnando kuliner hingga Abdul Aziz Lutfi Akbar, Gian Zola Nasrulloh dan Beckham Putra Nugraha yang memiliki bisnis dibidang fashion. 

Selain itu, sang kapten kesebelasan Supardi Nasir pun memiliki bisnis berjualan busana muslim. Sementara Beni Oktovianto tengah menjalankan konveksi. 

"Saya kira itu (bisnis) itu lebih bagus ya. Kreatif untuk memenuhi kebutuhan. Kalau kecil-kecilan tidak menutup, kalau ada keinginan dan semangat, bisa saja mereka berubah pikiran jadi pengusaha. Apalagi namanya usaha, ya bisa" ujar Umuh saat ditemui di kediamannya di Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Sejauh ini, kompetisi sepak bola di Indonesia sendiri belum menemui kejelasan. PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) masih berupaya untuk bisa mendapatkan izin penyelenggaraan dari pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri). (Muhammad Ginanjar)

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

X