• Sabtu, 25 September 2021

(Sikap Kami) Persib dan Piala Menpora

- Jumat, 26 Februari 2021 | 12:45 WIB
Istimewa
Istimewa

PIALA Menpora tak perlu memicu keraguan bagi Persib Bandung. Namanya turnamen pramusim, ya tak perlu serius-serius benar, laksana menyiapkan pasukan menghadapi Kompetisi Liga 1.

Sejak awal Piala Menpora mau digulirkan, Persib termasuk salah satu yang agak keberatan. Alasannya, tak cukup waktu untuk menyiapkan tim. Terlebih, para pemain asing Persib masih berada di luar negeri. Butuh waktu lama mendatangkannya ke Indonesia.

Tapi, buat kita, alasan semacam itu tidaklah terlalu masuk akal. Itu jika Persib memandang Piala Menpora bukan “turnamen benaran”. Dan, memang bukan “turnamen benaran”. Dia hanya turnamen pramusim.

Kelirunya kita –baca: Persib, menganggap semua turnamen penting, bergengsi. Gelar juara seperti jadi acuan. Padahal, dalam perjalanan sebuah klub dalam semusim, skala prioritas harus dipasang. Hanya klub luar biasa yang bisa memenangkan seluruh kejuaraan yang tersedia. Persib belumlah masuk kelompok itu.

Karena itu, Persib tak perlu risau menghadapi Piala Menpora. Anggap saja ini turnamen untuk latihan menjelang tampil di kompetisi. Tak perlu terlalu ngoyo. Sebab, tak ada juga gengsi berlebihan direngkuh bila juara. Tak ada pula jalur lambutan jika Persib maju ke final dan memenangkannya.

Bagi klub-klub profesional, skala prioritas harus ditetapkan. Di Inggris, misalnya, klub-klub besar memang remeh Piala Liga. Memainkan lebih banyak pemain cadangan. Sebab, memang tak bergengsi. Mereka lebih mengejar kompetisi dan Piala FA. Sebab, di situlah prestisius mereka dipertaruhkan.

Itulah yang harus dilakukan Persib juga. Ingat, Persib bukan berarti juara. Kalaupun juara, maka gelar yang diraih Persib, kita harapkan yang prestisius. Bukan yang ecek-ecek.

Maka, saran kita untuk Persib, hadapilah Piala Menpora dengan seadanya. Bahkan juga dengan persiapan seadanya. Tak perlu berlebihan. Yang harus berlebihan itu adalah menyiapkan diri menghadapi Kompetisi Liga 1.

Untuk itulah, Persib harus menyiapkan diri, termasuk menyusun materi pemain yang pas. Mencari pemain pengganti bagi mereka yang diputuskan kontraknya atau sebaliknya pemain yang meninggalkan Maung Bandung.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

X