• Sabtu, 16 Oktober 2021

Anak Korban Perang Berkostum Persib Bandung

- Senin, 22 Maret 2021 | 07:00 WIB

INILAH, Bandung – Untung saja orang tuanya membawa Farshad Noor ke Belanda. Kalau tidak, bukan tak mungkin dia tak mengenal sepak bola, menjadi bagian PSV Eindhoven, bermain di kasta tertinggi Liga Belanda, dan kini bergabung dengan Persib Bandung.

Farshad lahir bukan pada saat yang tepat di Mazar el Sharif, di wilayah paling utara Afganistan. Kotanya menyerupai Bandung, dengan beragam peninggalan sejarah. Tapi semua hancur gegara perang saudara. Farshad bahkan baru berusia tiga tahun ketika perang meletur antara kelompok Abdul Malik Pahlawan dengan Taliban.

Begitu perang saudara usai, ayahnya langsung meninggalkan kota basis utama Uni Soviet saat mencaplok Afganistan itu. Dia bawa semua anggota keluarga, termasuk Farshad yang baru berusia lima tahun ke Belanda.

Farshad selamat. Sebab, tiga tahun kemudian, giliran tentara Amerika Serikat dan aliansinya datang. Mereka menaklukkan Mazar el Sharif dan menjadikan basis memerangi Taliban yang menguasai Afganistan, sebagai buntut serangan bom terhadap World Trade Center, 11 September 2001.

Saat kampungnya dikuasai Amerika Serikat itulah, Farshad mulai menyenangi sepak bola di Negeri Belanda. Dia masuk ke dalam akademi sepak bola milik klub terbaik Belanda saat itu, PSV Eindhoven.

Dari situ pula, dia merasakan persaingan di kasta kedua Liga Belanda, Eerste Divisie, bersama Jong PSV. Bermain di kasta tertinggi, Eredivisie, bersama Roda JC Kerkrade. Dipinjamkan ke SC Cambuur Leeuwarden di Eerste Divisie. Dia kemudian berlabuh di AFC Eskilstuna, klub kasta tertinggi Liga Swedia, Nea Selamis, klub Divisi Utama Liga Siprus, sebelum akhirnya digaet Persib Bandung.

Kabar bergabungnya Farshad Noor pertama kali dimunculkan akun instagram @prabu_persib yang diunggah pada Minggu (21/3). Akun instagram maskot Persib itu memunculkan foto Farshad Noor yang tengah menggiring bola. Lantas dalam foto tersebut, dituliskan wilujeng sumping yang dalam bahasa Indonesia selama datang. 

Kehadiran Farshad Noor sekaligus menghentikan spekulasi yang selama ini menghampiri Persib. Sebelumnya, muncul nama-nama seperti Zachary Herivaux yang merupakan gelandang timnas Haiti dan gelandang asal Jepang, Kazuki Takahashi. 

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono membenarkan perekrutan gelandang tim nasional Afganistan itu. Menurutnya, pemilihan pemain itu berdasarkan rekomendasi dari tim pelatih yang dipimpin Robert Rene Alberts. Ini juga berlaku bagi pemain anyar lainnya yang sudah direkrut Persib Bandung. 

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Terkini

Berangkat Lebih Awal, Persib Tiba di Yogyakarta

Rabu, 13 Oktober 2021 | 19:05 WIB

Hadapi Bhayangkara FC, Ini Ungkapan Mohammed Rashid

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:24 WIB

Hmm... Geoffrey Castillion Lagi-lagi Cedera

Selasa, 12 Oktober 2021 | 21:45 WIB
X