• Kamis, 28 Oktober 2021

Tak Pernah Dapat Perlindungan dari Pemda, Ratusan Buruh di KBB Gelar Unjuk Rasa

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:18 WIB
Ratusan buruh Koalisi 9 Serikat Pekerja Bandung Barat kembali menggelar aksi demo di depan Kantor Pemda Bandung Barat. (agus satia negara)
Ratusan buruh Koalisi 9 Serikat Pekerja Bandung Barat kembali menggelar aksi demo di depan Kantor Pemda Bandung Barat. (agus satia negara)

INILAHKORAN, Ngamprah - Ratusan buruh yang mengatasnamakan Koalisi 9 Serikat Pekerja Bandung Barat kembali menggelar aksi demo di depan Kantor Pemda Bandung Barat.

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes sekaligus penolakan para buruh di Bandung Barat terhadap UU Cipta Kerja yang dinilai merugikan kaum buruh.

Koordinator Koalisi 9  Dede Rachmat mengatakan, pihaknya terpaksa melakukan aksi unjuk rasa (unras) untuk meminta agar Plt Bupati Bandung Barat membuat pernyataan penolakan UU Cipta Kerja beserta turunannya.

"Kami meminta perlindungan upah terhadap para pekerja yang ada di KBB dengan cara membuat sebuah aturan yang mewajibkan pengusaha di KBB membayar upah di atas upah minimum," katanya, Rabu 13 Oktober 2021.

Baca Juga: Duh, UMK KBB Hanya 3 Persen, Serikat Buruh Sebut Pemda KBB Terindikasi Pro PP36/2021

Ia menyebut, daerah terdekat seperti Kota Cimahi telah mendapat perlindungan secara nyata melalui Perda Ketenagakerjaan.

"Perda Ketenagakerjaan di Cimahi itu ada sebuah pasal yang menyatakan bahwa pengusaha di Kota Cimahi wajib membayar upah 5 persen di atas UMK bagi pekerja yang sudah bekerja di atas satu tahun," sebutnya.

Menurutnya, hal serupa pun dilakukan juga di Kabupaten Bekasi. Sementara, di KBB tidak ada aturan yang melindungi para buruh yang pada akhirnya diminta melalui unras tersebut.

"Kita hari ini meminta, apa itu nanti berupa keputusan bupati atau peraturan bupati atau hanya surat edaran bupati bagi kami tidak jadi masalah," tuturnya.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Foto: Pembuatan Mural di Bawah Jembatan Pasupati

Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:53 WIB

Foto: Rencana Wajib Tes PCR di Semua Moda Transportasi

Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:46 WIB
X