Luizinho Passos Ungkap Keuntungan Terbesar Jadi Pelatih Kiper Persib, Ternyata Bukan Soal Gaji...

Luizinho Passos mengaku banyak mendapatkan ilmu-ilmu baru selama menjabat Pelatih Kiper Persib Bandung.

Luizinho Passos Ungkap Keuntungan Terbesar Jadi Pelatih Kiper Persib, Ternyata Bukan Soal Gaji...
Kiper Persib Bandung Luizinho Passos.
 
INILAHKORAN, Bandung - Pelatih kiper Persib Bandung, Luizinho Passos akhirnya bisa dengan lega mendampingi timnya selama mengarungi Liga 1 2021-2022.
 
Saat ini Luizinho Passos sudah mengantongi lisensi kepelatihan C AFC level 1 yang selama ini menjadi syarat utama bagi pelatih kiper.
 
Luizinho Passos mengaku sangat mengetahui peraturan yang ditetapkan PSSI mengenai perubahan lisensi tersebut.
 
Kini, Luizinho Passos lega lantaran syarat tersebut sudah dipenuhinya dengan mengikuti kursus yang telah dijalaninya hingga 30 Oktober lalu di Bali.
 
 
"Ya, saya tahu itu adalah peraturannya untuk pelatih di Asia, butuh lisensi AFC. Tapi saya pergi selama dua pekan ke kursus kepelatihan di Bali dan semua berjalan bagus. Sekarang saya bersiap untuk mendapat lisensi level 1 untuk kiper setelah proses ini selesai," ungkap Luizinho Passos, Minggu 14 November 2021.
 
Luizinho Passos mengaku sangat menikmati kursus kepelatihan tersebut. Menurutnya banyak ilmu yang didapatkan, terutama mengenai sepak bola Indonesia.
 
"Kursus berlangsung dengan sangat bagus, kami banyak belajar tentang filosofi sepak bola di Indonesia. Yang mana semuanya dimulai dari pemain di level akademi hingga ke level profesional," katanya.
 
Luizinho Passos pun mengaku mendapatkan pengalaman yang menarik selama menjalani kursus kepelatihan C AFC tersebut.
 
 
Satu di antaranya saling bertukar pengalaman dan informasi, sekaligus mendapatkan teman baru.
 
"Saya punya dua instruktur yang luar biasa tentunya, coach Hanafing dan coach Wolf (Wolfgang Pikal). Mereka menjelaskan semuanya dengan sangat jelas yang mana itu berdampak banyak bagi saya untuk lebih memahami filosofi sepak bola Indonesia. Sepak bola yang selalu mencoba untuk bermain menyerang dengan mengandalkan kecepatan dan bertahan secara tim dengan rapat," tuturnya.
 
Passos berharap kursus kepelatihan yang dijalani tidak hanya sampai pada C AFC. Melainkan bisa mendapatkan lisensi kepelatihan lebih tinggi.
 
 
"Lisensi B, lalu semoga ke depannya bisa mendapat lisensi A, tapi bagus dan saya sangat senang," pungkasnya.***(Muhammad Ginanjar)


Editor : inilahkoran