Begini Kata Dedi Supandi Terkait Evaluasi PPDB Tahap 1

Dinas Pendidikan Jawa Barat, mengevaluasi terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 tahap 1. pendaftar tahap 1 sebanyak 288.00 siswa

Begini Kata Dedi Supandi Terkait Evaluasi PPDB Tahap 1
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi
 
INILAHKORAN, Bandung - Dinas Pendidikan Jawa Barat, mengevaluasi terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 tahap 1.
 
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan, berdasarkan evaluasi, pendaftar PPDB 2022 tahap 1 sebanyak 288.000 orang/siswa-siswi.
 
Dari angka tersebut, sekitar 0,1 persen belum dilakukan verifikasi, karena ada beberapa data yang harus dikembalikan dan diperbaiki dan ada juga di 996 orang data harus dilakukan perbaikan dan dikembalikan pada pendaftar. 
 
 
"Mudah-mudahan dalam waktu dekat, malam ini itu terselesiakan semua," ujar Dedi Supandi, Kamis 16 Juni 2022.
 
Dia mengatakan, kalau dari antusiasme pendaftaran di tahap 1 ini sebagian besar pendaftar lebih banyak ke SMA, dibandingkan ke SMK. Karena jalur prestasi (japres) untuk SMK dibuka di tahap 2.
 
Dia menjelaskan, pada tahap 1 evaluasi ada beberapa pengaduan yang perlu disampaikan ke publik. Pertama terjadi keterlambatan verifikasi. Dikarenakan verifikasi di sekolah harus mengecek satu-persatu. 
 
 
Terutama japres nilai raport, mereka harus mengecek nilai 5 semester yang ada, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dari keterlambatan verifikasi berdampak pada keresahan orang tua sebagai pendaftar. 
 
"Saat pendaftaran sudah selesai, mempunyai pemikiran bahwa, kenapa pendaftaran sudah selesai seolah-olah belum diverifikasi. Padahal tahap verifikasi idelanya dilakukan saat pendaftaran ini, masukan pada kita, jadi masukan untuk PPDB yang akan datang. 
 
Kedua, tentang akun. Ada beberapa akun yang mereka tidak bisa mendaftar, karena berasal dari sekolah di luar provinsi Jabar. Sementara, akun disampaikan pada sekolah-sekolah pendaftar. 
 
 
"Jadi saat mereka SMP berada di luar sekolah Jabar, mereka butuh akun baru, jadi harus melayani jalur yang ada di Jabar, itu jadi keresahan pengaduan. Tapi sudah ditangani," ujarnya.
 
Sebagai catatan, PPDB SMA, SMK, SLB dilaksanakan pada tahap 1, 6 - 10 Juni 2022. Sementara tahap 2, 23 - 30 Juni 2022. *** (Okky Adiana)


Editor : inilahkoran