Paling Enak Sedunia! Festival Baso Aci Garut Diserbu Ribuan Warga

Ribuan warga terutama kalangan perempuan ramai menyerbu berbagai stand basso aci pada Festival Baso Aci Garut

Paling Enak Sedunia! Festival Baso Aci Garut Diserbu Ribuan Warga
Ribuan warga terutama kalangan perempuan ramai menyerbu berbagai stand bakso aci pada Festival Baso Aci Garut.

INILAHKORAN, Garut- Ribuan warga terutama kalangan perempuan ramai menyerbu berbagai stand pada Festival Baso Aci Garut di kawasan Lapang Otto Iskandardinata atau Alun alun Garut Kecamatan Garut Kota, Jumat 1 Juli 2022.

Ada sebanyak 40 pedagang baso aci turut meramaikan Festival Bakso Aci tersebut.

Perlu diketahui, Festival Baso Aci ini buah dari populernya kuliner berbahan dasar utama aci atau tepung tapioka yang semula biasanya menjadi jajanan kalangan anak-anak itu.

Selain hadir dengan berbagai varian masakan kekinian, kalangan orang tua yang menikmatinya juga bisa beromantisme bernostalgia dengan kehidupan masa kecilnya dulu.

Baca Juga: Stranger Things 4 Vol. 2 Tayang Hari Ini di Netflix! Noah Schnapp Spoiler Sad Ending

Dengan hadirnya media sosial, baso aci asal Garut kini bukan kian populer bukan hanya di kalangan masyarakat Garut sendiri melainkan juga luar Garut.

"Saya sama suami sering sengaja ke Garut untuk menikmati kulinernya. Termasuk baso aci yang memang rasanya beda dengan di daerah lain," kata Memey (25) warga Indihiang Kota Tasikmalaya.

Wabup Garut Helmi Budiman bahkan mengklaim baso aci merupakan asli produk Garut dan merupakan baso paling enak sedunia yang dibuat secara rumahan.

Baca Juga: Spoiler Why Her? Episode 9: Konfrontasi Makin Meningkat antara Oh Soo Jae - Choi Tae Guk - Choi Yoon Sang

"Ini luar biasa. Saya mengingatkan lagi bahwa ini adalah Festival Baso Aci yang kedua, setelah kita (di tahun 2019) deklarasi bahwa baso aci itu asli made in Garut. Buatan Garut. Asli buatan masyarakat Garut. Dan yang menarik adalah buatan rumahan," ujarnya saat membuka Festival Bakso Aci.

Dia menyebutkan, pihaknya berkeingingan bukan hanya wisata yang ada di Kabupaten Garut yang mendunia melainkan juga berbagai event yang diselenggarakan Kabupaten Garut. Termasuk Festival Baso Aci.

Apalagi, lanjutnya, keberadaan media sosial memudahkan event-event tersebut mendunia sehingga dapat diakses siapapun tanpa mengenal batas negara.

"Saya mohon kepada masyarakat Garut untuk datang. Masyarakat Jawa Barat juga saya undang. Masyarakat dunia juga saya undang untuk mencicipi baso aci Garut yang paling enak sadunia," seru Helmi.

Baca Juga: Nikmati Menjadi Seorang Ayah, Nick Cannon Tampak Ceria Bermain Bersama Anak Kembarnya!

Menurut Ketua Panitia Festival Baso Aci Garut Raden Dhani Omar Dien, Festival Baso Aci merupakan event tahunan untuk mengenalkan dan membangkitkan perekonomian tukang baso aci. Namun baru digelar kembali tahun ini setelah yang pertama pada 2019 karena terkendala pandemi Covid-19.

Dalam festival tersebut ada sebanyak 45 stan dengan 40 unit di antaranya merupakan stan baso aci.

Para pedagang baso aci dikategorikan baso aci legend, hits, dan comers.

Baca Juga: Sopir Angkot di Kota Bandung Keluhkan Kebijakan Aplikasi untuk Pembelian BBM Bersubsidi

Kepala Bidang Pengembangan Usaha Keperasi dan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Garut Erni Herdiani, berharap Festival Baso Aci bisa meningkatkan omset para pelaku usaha, khususnya pedagang baso yang hadir secara langsung di Festival Baso Aci Garut.***(zainulmukhtar)

 


Editor : inilahkoran