Pimpin PDBI Jabar, Ini Target Budi Setiawan di PON Sumatera Utara

Brigjend Pol. (Purn) Budi Setiawan langsung berbicara target usai terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Drum Band Indonesia (Pengprov PDBI) Jabar periode 2022-2026.

Pimpin PDBI Jabar, Ini Target Budi Setiawan di PON Sumatera Utara
INILAHKORAN, Bandung - Brigjend Pol. (Purn) Budi Setiawan langsung berbicara target usai terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Drum Band Indonesia (Pengprov PDBI) Jabar periode 2022-2026.
Budi Setiawan bertekad untuk melampaui prestasi medali emas yang ditorehkan drum band Jabar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di PON 2024 yang akan digelar di Sumatera Utara. Sebab di PON XX 2022 Papua, cabang olahraga drum band tidak dipertandingkan.
"Untuk PON XXI tahun 2024 mendatang di Sumut, cabor drum band akan kembali dipertandingkan. Target saya, ingin melampaui pencapaian medali emas di PON XIX tahun 2016 lalu. Lebih dari 5 emas atau minimal menyamai," kata Budi Setiawan
Adik kandung Ketua DPRD Jabar, Brigjend TNI (Purn) H Taufik Hidayat ini pun mengirimkan atlet di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) drum band di Madiun, Jawa Timur pada 5-15 Desember sebagai upaya untuk mencapai target tersebut. 
Terlebih, lanjutnya, ajang kejurnas tersebut menjadi salah satu tiket untuk bisa tampil di babak kualifikasi serta mendapatkan kuota untuk tampil di PON XXI pada tahun 2024 mendatang.
"Ini jadi tantangan awal saya sebagai Ketua terpilih PDBI Jabar dan kita akan support perjuangan atlet di Madiun. Kita pun berharap KONI Jabar bisa memberikan dukungan maksimal," harapnya. 
Selain itu, Budi Setiawan juga akan menambah jumlah pengcab PDBI di Kabupaten/Kota untuk mendukung pencapaian target prestasi tersebut. Saat ini, organisasi PDBI baru hadir di 19 kabupaten dan kota di Jabar dan secara bertahap akan diupayakan hadir di 27 kabupaten/kota di Jabar.
"Untuk itu, kita berharap dukungan dari Gubernur Jabar, wali kota dan bupati, hingga jajaran legislatif. Terutama dari dukungan anggarannya," tambahnya. 
Budi Setiawan mengatakan drum band dan marching band dapat berkolaborasi dalam event-event pariwisata kabupaten/kota untuk meningkatkan value kebudayaan di Jabar sehingga akan terjadi peningkatan kesejahteraan atlet dan pelatih serta masyarakat lokal dan pemerintahan daerah. Dalam proses kolaborasi tersebut, diharapkan adanya kerja sama dengan lembaga edukasi, komunitas musik budaya sunda, serta jejaring pengrajin cenderamata dan fesyen budaya sunda. 
"Melalui kolaborasi ini, besar harapan saya akan terciptanya nuansa edukasi kolaboratif antara institusi pendidikan dari TK hingga universitas, serta keterlibatan penuh masyarakat budaya. Hal ini pun diharapkan membangkitkan kegiatan drum band dan marching band, baik dalam hal kejuaraan maupun kompetisi di kabupaten dan kota sehingga merangsang munculnya bibit-bibit atlet sekaligus peningkatan kemampuan atlet. Konsep-konsep ini perlu diformulasikan dengan matang dan berlapang dada," katanya. 
Disisi lain, Ketua Umum Pengprov PDBI Jabar 2018-2022, Gatut Susanta mengatakan, masa bakti kepengurusan PDBI Jabar 2018-2022 sebenarnya baru akan habis pada 15 Desember 2022. Beberapa alasan mendasari pelaksanaan musprov yang digelar lebih cepat sebelum masa bakti kepengurusan habis.
"Pertimbangan kita gelar hari ini karena KONI Jabar akan segera menggelar musprov pada 22 Desember 2022, lalu ada kejurnas yang harus kita ikuti dan menjadi syarat untuk keikutsertaan di PON XXI tahun 2024 dan di tanggal 6 Desember nanti akan ada Rakerda KONI Jabar. Dan dalam perjalanan kami bertemu dengan Pak Budi Setiawan yang siap melanjutkan estafet kepemimpinan di PDBI Jabar dan mendapat dukungan dari semua pengcab. Itulah yang menjadi alasan kita mempercepat pelaksanaan musorprov PDBI Jabar," kata Gatut.
Dengan terpilihnya Budi Setiawan sebagai Ketua Pengprov PDBI Jabar 2022-2026, Gatut berharap organisasi olahraga drum band di Jabar ini lebih baik, maju dan berkembang. Salah satunya dalam pencapaian prestasi kedepan di ajang PON XXI tahun 2024 di Medan, Sumatera Utara (Sumut). 
"Dengan dukungan penuh semua pengcab PDBI kabupaten dan kota yang hadi, musprov kali ini menjadi yang pemilihan ketua tercepat dalam sejarah sehingga pembahasan program kerja kedepan akan lebih fokus untuk peningkatan pembinaan prestasi kedepan," Gatut menegaskan.
Sementara Wakil Ketua I KONI Jabar, Verdia Yosef menitipkan terkait organisasi yang solid pada kepengurusan PDBI Jabar 2022-2026 dibawah kepemimpinan Budi Setiawan. Soliditas organisasi akan menunjang pada pencapaian prestasi di PON XXI tahun 2024.
"Semoga raihan 5 emas di PON XIX tahun 2016 bisa diulang di Sumut nanti," kata Yosef.(Muhammad Ginanjar)


Editor : asayuti