Progres Pembangunan Bus Rapid Transit Bandung Raya Terus Berjalan

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Dadang Darmawan menyebut, proses pembangunan infrastruktur bus rapid transit (BRT)  saat ini masih terus berjalan. 

Progres Pembangunan Bus Rapid Transit Bandung Raya Terus Berjalan
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Dadang Darmawan
INILAHKORAN, Bandung - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Dadang Darmawan menyebut, proses pembangunan infrastruktur bus rapid transit (BRT)  saat ini masih terus berjalan. 
Dadang Darmawan mengatakan, proyek tersebut telah masuk tahap kajian detail engineering design (DED). Pengerjaan fisik BRT, ditargetkan pada 2024 dan akan menjadi cikal bakal BRT Bandung Raya. 
"80 persen tahap pertama sudah masuk. 2024 mulai pengerjaan fisiknya, seperti shelter dan lainnya. Ini adalah bantuan dari Kemenhub dan Bank Dunia. BRT kita targetkan selesai 2027," kata Dadang Darmawan, Kamis 22 September 2022.
Pada tahap awal, armada yang akan beroperasi di lima wilayah Bandung Raya sebanyak 300 unit. Dikemukakan Dadang Darmawan, BRT Bandung Raya akan melayani transportasi masyarakat di 17 trayek. 
Dadang menambahkan, shelter BRT Bandung Raya akan dibangun di kawasan berdekatan dengan stasiun dan terminal. Kawasan lainnya hadir di wilayah Asia Afrika, Tegalega, dan Jatinangor. 
"Kita juga sedang memikirkan soal perubahan angkutan umum. Karena ketika BRT ini beroperasi, diharapkan tidak bersinggungan langsung. Jadi angkot nanti akan menjadi feeder, dan mereka harus bisa menyesuaikan dan meningkatkan kualitas layanan," ucapnya. *** (yogo triastopo) 


Editor : asayuti