Rawan Pohon Tumbang, Warga Bandung Diimbau Tak Berteduh Dekat Pohon saat Hujan

Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung mengimbau masyarakat lebih waspada saat berada di dekat pohon.

Rawan Pohon Tumbang, Warga Bandung Diimbau Tak Berteduh Dekat Pohon saat Hujan

INILAHKORAN, Bandung - Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung mengimbau masyarakat lebih waspada saat berada di dekat pohon.

Imbauan tersebut, dikatakan Kepala UPT DPKP3 Kota Bandung Roslina menyusul adanya pohon tumbang di beberapa lokasi. Tercatat ada empat pohon tumbang hingga Selasa 4 Oktober 2022.

"Hingga Selasa malam, ada empat pohon tumbang yang kita rekap. Ada pohon tumbang di lahan private, dan di lahan umum. Kita minta masyarakat waspada," kata Roslina pada Rabu 5 Oktober 2022.

Baca Juga : Lagi, Pohon Tumbang Timpa Mobil yang Tengah Terparkir

Menurut Roslina, pohon tumbang ditenggarai karena faktor cuaca. Hujan lebat dan angin kencang, menjadi penyebab utama robohnya sejumlah pohon. Beberapa ada yang menimpa kendaraan.

Pemangkasan dahan pohon, dituturkan Roslina adalah salah satu upaya DPKP3 Kota Bandung dalam mengantisipasi pohon tumbang. Pihaknya menerjunkan empat tim dalam pemeliharaan tersebut.

"Upaya ini, pemangkasan pohon, terus kita lakukan mengantisipasi pohon tumbang. Tim ini terus bergerak untuk melakukan pemangkasan, dan pemantauan di beberapa titik pontensi pohon tumbang," ujar dia.

Baca Juga : Mahasiswa Tel-U Ciptakan Alat Pencegah Autisme dan Speech Delay pada Anak

Bagi masyarakat yang bernasib kurang baik, ditambahkan Roslina akan mendapat santunan. Santunan tersebut akan diberikan kepada pemilik kendaraan yang tertimpa pohon di kawasan umum.

"Istilahnya santunan. Besarannya berbeda-beda setiap kendaraan. Nanti ada tim yang menilai kendaraan ini mendapat santuan berapa besar. Maksimal santunan dari kita itu sebesar Rp 50 juta," tandasnya. *** (yogo triastopo)


Editor : asayuti