• Senin, 27 September 2021

Peringati Hardiknas, Pemkab Tasikmalaya Gelar Upacara Bendera

- Kamis, 2 Mei 2019 | 11:00 WIB
Bupati Ade Sugianto menjadi inspektur upacara peringatan Hardiknas 2019. (istimewa)
Bupati Ade Sugianto menjadi inspektur upacara peringatan Hardiknas 2019. (istimewa)

INILAH, Singaparna - Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat kabupaten tahun 2019 di halaman Sekreatriat Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (2/5/2019).

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto dan dihadiri, antara lain Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Iin Aminudin, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tasikmalaya, Para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Ketua Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan, dan tamu undangan lainnya.

Tema Hardiknas pada tahun ini adalah Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. Sesuai dengan pernyataan Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara, “Ing ngarso sung tulado, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani.”

Artinya, di depan memberi teladan, di tengah memberi bimbingan, di belakang memberi dorongan. Bupati Tasikmalaya mengutip dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menyebutkan bahwasanya dalam Pemilihan Umum Serentak 2019 telah terjadi proses pembelajaran.

Bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan Pemilihan Umum Serentak, tanggal 17 April 2019 yang lalu. Kini prosesnya masih berlanjut menuju penentuan akhir tanggal 22 Mei 2019.

“Dilihat dari sudut pandang pendidikan, di dalam pemilihan umum harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Proses belajar pada hakikatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kedewasaan,” ujar Ade Sugianto.

Selama empat tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kala, lebih difokuskan pada pembangunan infrastruktur atau prasarana. Di samping pembangunan infrastruktur, pemerintah juga memulai pembangunan dari pinggiran di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal.

Ade Sugianto menegaskan, dua komponen penting dalam pembangunan sumber daya manusia yaitu pendidikan karakter dan keterampilan serta kecakapan.

Dalam perspektif pemerintah, pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguat, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Terkini

Pendaki Hilang di Gunung Guntur Ditemukan

Jumat, 24 September 2021 | 20:43 WIB
X