• Jumat, 17 September 2021

Kreatif, Warga Sukakarya Buatkan ATM Sembako Gratis bagi Warga Miskin

- Jumat, 16 Oktober 2020 | 14:15 WIB
Foto: Zainulmukhtar
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Bertolak dari keinginan membantu warga tak mampu atau miskin sekaligus mengajak orang berkemampuan agar gemar berbagi dan bersedekah, warga di lingkungan RW 02 Kelurahan Sukakarya Kecamatan Tarogong Kidul menggagas dibangunnya sebuah ATM (anjungan tunai mandiri) Sembako Gratis.

Di ATM itulah tersedia berbagai barang kebutuhan pokok yang disumbangkan mereka yang mampu. Warga miskin yang membutuhkannya tinggal datang ke ATM dan mengambilnya secara cuma-cuma. Tanpa syarat. 

Hanya pada ATM tersebut tertera sebuah tulisan menarik, "Bagi yang Membutuhkan Ambil Seperlunya," dan "Bagi yang Mampu Silahkan Gantungkan," 

Menurut Asep MA Nurdin warga setempat, keberadaan ATM Sembako Gratis seperti itu dimaksudkan selain menumbuhkan rasa tolong menolong, juga untuk melatih kejujuran sesama warga sendiri. Warga miskin yang hendak mengambil sembako di ATM sebatas untuk menutupi kebutuhan hari itu. Tidak boleh mengambil semaunya memanfaatkan kesempatan. 

"Kepada warga yang tidak mampu diberitahukan, kalau butuh sesuatu untuk keperluan memasak, silahkan ambil seperlunya," ujarnya, Jumat (16/10/2020).

Dia menceritakan, gagasan pembentukan ATM Sembako Gratis tercetus melalui sarana pengajian bersama warga yang didukung Ketua RW 02. Warga yang mampu kemudian diajak menyimpan segala macam kebutuhan pokok sehari-hari di ATM Sembako Gratis tersebut, seperti beras, lauk pauk, sayuran, dan minyak goreng.

Keberadaan ATM Sembako Gratis tersebut ternyata mendapatkan respon yang baik dari para dermawan dengan berpartisipasi menyimpan berbagai macam barang kebutuhan pokok sehari-hari di sana. 

"Mudah-mudahan hal ini merupakan wujud kesetiakawanan dari warga memikirkan warga lainnya, ada yang membutuhkan juga. Yang paling banyak diambil adalah beras. Ini membuktikan banyak warga yg tidak mempunyai beras untuk dimasak hari itu," kata Asep.

Ketua RW 02 Indra Rahmat menyatakan apresiasinya kepada seluruh warga yang antusias mendukung program ATM Sembako Gratis tersebut. Sehingga setiap hari, banyak orang berantusias menyimpan barang, selain banyak juga yang mengambil apa yang dibutuhkannya.

Halaman:

Editor: donramdhani

Terkini

X