• Senin, 6 Desember 2021

Libur Cuti Bersama, Dilema Bagi Garut Antara Serbuan Wisatawan dengan Ancaman Covid-19 

- Minggu, 25 Oktober 2020 | 17:45 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Garut - Libur panjang akhir pekan mendatang bagi Kabupaten Garut merupakan sebuah dilema. Sebagai kabupaten memiliki banyak obyek daerah tujuan wisata, Kabupaten Garut bakal diserbu wisatawan dari berbagai daerah selama liburan panjang tersebut berlangsung.

Namun di sisi lain, ancaman penularan Covid-19 terus mengintai, terlebih saat ini, Kabupaten Garut sedang berada dalam kondisi darurat pandemi Covid-19 dengan peningkatan kasus positif Covid-19 terbilang luar biasa dari hari ke hari. 

Kekhawatiran akan terjadinya peningkatan penyebaran kasus Covid-19 pada saat liburan panjang itu sempat dikemukakan Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kepada wartawan belum lama ini. 

Kendati beberapa waktu sebelum terjadi peningkatan luar biasa kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut, Helmi maupun Bupati Garut Rudy Gunawan terbilang getol berkunjung ke daerah, membuka sejumlah obyek wisata baru, dan secara terbuka, mengundang para wisatawan dari berbagai daerah mau mengunjunginya. 

Helmi mengkhawatirkan, libur panjang tersebut akan menyebabkan terjadinya lonjakan penyebaran Covid-19. Apalagi, menurutnya setiap kali liburan itu kerap diikuti adanya lonjakan angka kasus positif Covid-19.

Meski demikian, upaya antisipasi terhadap ancaman seperti itu telah dibahas bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melalui teleconference pada Kamis (22/10/2020) lalu.

Pada kesempatan itu, para kepala daerah bersama Mendagri membahas bagaimana pemerintah pusat hingga pemerintahan daerah melakukan antisipasi supaya tak terjadi penyebaran Covid-19 pada saat liburan panjang nanti.

Untuk itu, Helmi menegaskan pihaknya akan melakukan langkah antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 dengan memperketat protokol kesehatan, dan memeriksa kendaraan yang masuk Garut secara acak.

"Kita akan lakukan pemeriksaan kendaraan, termasuk kita lakukan rapid test," ujarnya.

Halaman:

Editor: donramdhani

Terkini

Vaksinasi Lansia di Garut Mencapai 60,6 Persen

Minggu, 5 Desember 2021 | 10:18 WIB

Pemkab Bekasi Salurkan Bantuan ke Yayasan ODGJ Tambun

Jumat, 3 Desember 2021 | 10:47 WIB

Lima Sembuh, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Menurun

Jumat, 3 Desember 2021 | 09:51 WIB

Rudy Gunawan Sebut Angka Kemiskinan di Garut Naik

Kamis, 2 Desember 2021 | 16:00 WIB

Ribuan Buruh Pabrik Rokok Peroleh BLT dari DBHCHT

Rabu, 1 Desember 2021 | 16:10 WIB
X