• Minggu, 17 Oktober 2021

Purwakarta Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian

- Selasa, 3 November 2020 | 15:55 WIB
net
net

INILAH, Purwakarta - Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta masih kekurangan tenaga penyuluh pertanian. Sampai saat ini, jumlah penyuluh yang statusnya ASN maupun tenaga harian lepas (THL) hanya 85 orang. Padahal, idealnya satu desa/kelurahan memiliki satu tenaga penyuluh.

Kabid Sumber Daya Pertanian Hadiyanto Purnama mengatakan, tak menampik hal itu. Saat ini, kata dia, ada penyuluh yang masih memegang sampai lima desa. Padahal, idealnya satu desa dipegang sama satu penyuluh. Namun, karena Purwakarta kekurangan, maka tenaga penyuluh yang ada perannya sangat dimaksimalkan.

"Di kita ini, ada 192 desa dan kelurahan. Tapi, tenaga penyuluh yang ada baik ASN maupun THL hanya 85. Sehingga, dilihat dari angka kekurangannya sangat banyak," ujar Hadi kepada INILAH di kantornya, Selasa (3/11/2020).

Dengan kondisi ini, pihaknya tak bisa berbuat banyak. Apalagi, rekrutmen untuk tenaga penyuluh ini tidak bisa dilakukah pemerintahan kabupaten. Mengingat, belum ada payung hukumnya.

Jadi, kata dia, yang bisa melakukan rekrutmen yaitu pemerintahan provinsi dan Kementerian Pertanian. Tetapi, sudah tiga tahun terakhir ini tidak ada penambahan bagi tenaga penyuluh. Terakhir, penempatan penyuluh itu dilakukan pada 2017 yang lalu. 

Untuk itu, keberadaan tenaga penyuluh itu dimaksimalkan. Terutama, dalam pelayanan kepada petani. Sebab, salah satu kunci keberhasilan pertanian berada di pundak tenaga penyuluh lapangan sebagai ujung tombak.

Sementara itu, Kasi Penyuluhan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Sunardi mengatakan saat ini jumlah penyuluh ada 85 petugas. Terdiri dari, 24 orang THL yang diangkat oleh Pemrov Jabar. 28 orang, THL yang diangkat oleh Kementerian Pertanian. Serta, 33 orang lain penyuluh yang sudah jadi ASN.

"Tahun ini, lima penyuluh kita pensiun. Tahun depan, seorang penyuluh pensiun. Jadi, semakin kurang saja jumlahnya," ujarnya. (Asep Mulyana)

Editor: donramdhani

Terkini

X