• Senin, 20 September 2021

Purwakarta Genjot Produtivitas Pertanian Melalui Pemanfaatan Lahan Kering

- Rabu, 4 November 2020 | 18:20 WIB
Ilustrasi/Antara Foto
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta, sejauh ini terus mendorong supaya lahan kering milik negara dan masyarakat bisa termanfaatkan. Salah satunya, untuk menjadi areal pertanian dan perkebunan. Upaya ini, juga sekaligus menjaga ketahanan pangan dan melalui program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB).

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Agus Rachlan Suherlan menuturkan, sampai saat ini  di wilayahnya masih terdapat ribuan hektare lahan darat yang belum termanfaatkan secara optimal. Terdiri dari ladang masyarakat, tegalan, perkebunan/hutan rakyat. 

“Sebenarnya lahan-lahan ini masih bisa produktif dan cukup potensial untuk ditanami produk perkebunan maupun pertanian,” ujar Agus kepada wartawan, Rabu (4/11/2020).

Makanya, kata Agus, pemerintah menggulirkan program tersebut sebagai bagian dari memanfaatkan lahan mati. Upaya ini, juga bisa sekaligus menggenjot hasil produksi pertanian di wilayahnya. Karena, seiring bertambahnya luas lahan yang bisa dimanfaatkan, secara otomatis produktivitas pun meningkat. 

“Untuk pemanfaatnya, bisa untuk ditanai padi gogo atau kacang kedelai dan lain-lain,” jelas dia.

Agus menjelaskan, Pemda Purwakarta menargetkan program PATB ini luas lahannya mencapai 225 hektar dengan rata-rata produktifitas lahan kering sebesar 4 ton per hektar. Dengan program ini, diharapkan dapat menambah dan meningkatkan produksi beras sebesar 432 ton beras.

“Alhamdulillah, kami bersyukur Kabupaten Purwakarta mendapat alokasi program PATB dari Kementan RI, tentu program ini kita sambut baik dan petani di Purwakarta siap untuk melaksanakan program tersebut,” pungkasnya. (Asep Mulyana)

Editor: Bsafaat

Terkini

Bupati Cirebon Imron Diperiksa KPK, Cek Begini Faktanya

Minggu, 19 September 2021 | 12:03 WIB

Bertambah 1, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Berjumlah 57

Jumat, 17 September 2021 | 17:01 WIB
X