• Jumat, 17 September 2021

Sebaran Positif Covid-19 di Garut Meluas di 37 Kecamatan

- Sabtu, 14 November 2020 | 15:45 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Garut-Seiring kian meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut diwarnai penambahan jumlah kematian, sebaran penularan Covid-19 juga terus meluas di 37 Kecamatan.

Meluasnya sebaran penularan Covid-19 di 37 dari 42 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut terjadi menyusul ditemukannya satu kasus baru positif Covid-19 di Kecamatan Caringin, Jum'at (13/11/2020). Kasus baru positif Covid-19 tersebut yakni laki-laki (KC-1163) berusia 34 tahun.

Dengan demikian, kini, selain kecamatan-kecamatan berada di kawasan perkotaan, hampir seluruh kecamatan di Garut berbatasan dengan kabupaten lain terdampak penularan Covid-19. Hanya dua kecamatan berbatasan dengan kabupaten lain yang tak ditemukan kasus positif Covid-19, yakni Kecamatan Peundeuy yang berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya dan Kecamatan Cisewu yang berbatasan dengan Kabupaten Bandung.

Selain dua kecamatan tersebut, ada sebanyak tiga kecamatan lain masih nol kasus positif Covid-19, yakni Kecamatan Cisompet, Pameungpeuk, dan Kecamatan Mekarmukti.

Kecamatan selebihnya terdampak penularan Covid-19 dengan jumlah temuan kasus positif Covid-19 bervariasi, mulai satuan hingga ratusan kasus.  

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Garut sendiri hanya memasukkan sembilan kecamatan berada di zona merah alias memiliki risiko tinggi penyebaran Covid-19, berdasarkan levelisasi kewaspadaan Covid-19 tingkat kecamatan periode 1-10 November 2020. Yakni Kecamatan Garut Kota, Karangpawitan, Pangatikan, Tarogong Kidul, Banyuresmi, Samarang, Leuwigoong, Bayongbong, dan Kecamatan Cilawu. 

Sebanyak 13 kecamatan masuk zona oranye dengan risiko penularan Covid-19 sedang, 13 kecamatan masuk zona kuning dengan risiko penularan Covid-19 rendah, dan sebanyak 6 kecamatan masuk zona hijau karena dinilai belum terdampak Covid-19. Yakni Kecamatan Pamulihan, Cihurip, Cisompet, Pameungpeuk, Caringin, Cisewu, dan Kecamatan Peundeuy. 

Padahal, persis per 10 November 2020 itu, terdapat dua kecamatan ditemukan ada kasus konfirmasi positif Covid-19, yakni Kecamatan Pamulihan, dan Kecamatan Cihurip. Masing-masing ditemukan satu kasus baru positif. Pada 13 November 2020, juga ditemukan satu kasus baru positif Covid-19 di Kecamatan Caringin. 

Dengan levelisasi kewaspadaan tingkat kecamatan itu, akankah Kabupaten Garut dapat mempertahankan zero kasus positif Covid-19 pada lima kecamatan tersisa di zona hijau yang belum terdampak Covid-19 ? 

Halaman:

Editor: JakaPermana

Terkini

X