• Senin, 6 Desember 2021

Banyak Curug, Kecamatan Sukasari Diciptakan jadi Zona Wisata Unggulan Purwakarta

- Senin, 16 November 2020 | 15:40 WIB
Foto: Asep Mulyana
Foto: Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika terpesona dengan keindahan alam Kecamatan Sukasari. Menurutnya, wilayah ujung brat Purwakarta itu memiliki keindahan alam tersendiri. Gunung-gunung menjulang tinggi serta panorama alam yang masih asri di wilayah itu memiliki daya tarik tersendiri.

“Wilayah ini sangat potensial untuk dikembangkan menjadi sebuah obyek wisata berbasis alam,” ujar Anne, Senin (16/11/2020).

Dia menjelaskan, Kecamatan Sukasari dikelilingi pegunungan yang masih 'perawan'. Menurut pengamatannya, wilayah ini sangat cocok dijadikan tujuan wisata. Atas dasar itu pula, pihaknya akan ciptakan wilayah Sukasari dan sekitarnya menjadi zona pariwisata unggulan di kabupatennya.

“Di wilayah tersebut, wisata alam dan wisata air yang akan ditonjolkan. Pertama, kita benahi dulu infrastrukturnya sebagai bagian dari persiapan kami mengembangkan wisata unggulan tersebut,” jelasnya.

Anne menuturkan, selama ini di wilayah tersebut ada beberapa lokasi alam yang mulai banyak dikunjungi wisatawan. Sebut saja salah satunya, Curug Tilu di Kampung Gunung Buleud, Desa Ciririp dan curug Cimata Indung, di Kampung Cisaat, Desa Sukasari.

Dia memiliki alasan kenapa penataan sektor wisata juga jadi prioritas kerjanya. Karena, menurut Anne, sektor pariwisata akan jauh menguntungkan. Tentunya, hal itu akan berimplikasi pada peningkatan ekonomi masyarakatnya.

“Banyak potensi yang bisa dikembangkan. Terutama di sektor pariwisata. Tentunya, tujuannya untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar,” ucapnya.

Anne menuturkan, rencana pengembangan sektor wisata di wilayah ini cukup realistis. Apalagi, infrastruktur pun sejauh ini sudah mendukung. ‎Karena, pemerintah telah membangun akses jalur darat ke wilayah tersebut yang cukup memadai, yang juga terintegrasi dengan beberap kabupaten lainnya.

“Infrastrukturnya sudah mendukung. ‎Karena, pemerintah telah membangun Jalur Lingkar Barat yang menjadi akses jalur darat baru ke wilayah tersebut,” pungkasnya. (Asep Mulyana)

Halaman:

Editor: donramdhani

Terkini

Vaksinasi Lansia di Garut Mencapai 60,6 Persen

Minggu, 5 Desember 2021 | 10:18 WIB

Pemkab Bekasi Salurkan Bantuan ke Yayasan ODGJ Tambun

Jumat, 3 Desember 2021 | 10:47 WIB

Lima Sembuh, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Menurun

Jumat, 3 Desember 2021 | 09:51 WIB

Rudy Gunawan Sebut Angka Kemiskinan di Garut Naik

Kamis, 2 Desember 2021 | 16:00 WIB

Ribuan Buruh Pabrik Rokok Peroleh BLT dari DBHCHT

Rabu, 1 Desember 2021 | 16:10 WIB
X