• Minggu, 17 Oktober 2021

Cegah Penyebaran Covid-19, Forkopimcam Kersamanah Gencar Edukasi Warga Protokol Kesehatan

- Senin, 23 November 2020 | 18:20 WIB
Foto: Zainulmukhtar
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Berupaya mencegah penularan Covid-19 kian masif, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kersamanah gencar menggelar sosialisasi edukasi protokol kesehatan cegah Covid-19.

Menurut Camat Kersamanah Muhrom Suhandi, sosialisasi edukasi pencegahan penularan Covid-19 tersebut bukan hal baru melainkan lebih digiatkan lagi untuk semakin meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan bahaya Covid-19 yang masih terus mengancam. 
Jangan sampai masyarakat terlena dan menganggap sepele akan pentingnya berdisiplin melaksanakan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini. Apalagi, kasus positif Covid-19 di wilayah Kecamatan Kersamanah sendiri terus meningkat belakangan ini.

"Mari kita bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 ini. Jangan sampai protokol kesehatan dianggap hal sepele. Ini akan berbahaya," ingatnya saat Sosialisasi Edukasi Pencegahan Covid-19 di Aula Desa Nanjungjaya Kersamanah, Senin (23/11/2020).

Muhrom yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kecamatan Kersamanah itu pun mengingatkan pada kepala desa di wilayah kerjanya untuk menggalakan kembali pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 kepada seluruh masyarakat di masing-masing daerahnya, terutama pada jajaran Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga selaku gugus tugas desa. Mereka pun mesti selalu siaga dan cepat tanggap bila mendapati ada warga terkonfirmasi positif Covid-19 untuk segera merujuknya ke rumah sakit untuk diisolasi.

Dia menyebutkan, protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 dilakukan terutama dengan melaksanakan tiga perilaku kunci. Yaitu membiasakan memakai masker dalam setiap aktivitas di rumah maupun luar rumah, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun. Juga berolahraga secara teratur, beristirahat yang cukup, mengonsumsi asupan bergizi seimbang, tidak panik, dan selalu meningkatkan aktivitas beribadah keseharian.

Meski demikian, Muhrom menyerukan upaya pencegahan Covid-19 dengan melaksanakan protokol kesehatan itu seyogyanya dimulai dari diri masing-masing sendiri.

Berkenaan acara pernikahan, Muhrom mengatakan hal tersebut boleh saja digelar dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Tidak boleh ada hiburan, dan tamu undangan pun dibatasi agar tak menimbulkan kerumunan.

Hadir juga pada kesempatan tersebut antara lain unsur MUI, UPT Puskesmas, UPT Pertanian, UPT PUPR, Dinas Perhubungan, Danramil dan Kapolsek berikut unsur Babinsa dan Babinmas. 

Total jumlah kasus positif Covid-19 di Kecamatan Kersamanah, berdasarkan data GTPP Covid-19 Kabupaten Garut hingga 22 November 2020 mencapai sebanyak 23 orang. (Zainulmukhtar)

Halaman:

Editor: donramdhani

Terkini

X