• Minggu, 24 Oktober 2021

Sip, Pemkab Ciamis Kembangkan Sistem Tanam Padi Organik

- Kamis, 26 November 2020 | 19:20 WIB
Ilustrasi/Antara Foto
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Ciamis- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis, Jawa Barat, mulai mengembangkan sistem tanam padi organik untuk meningkatkan kualitas pertanian yang memberikan keuntungan lebih baik bagi petani.

"Gerakan tanam padi organik ini difokuskan terlebih dahulu di (kecamatan) Cihaurbeti," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis Budi Slamet Wibowo saat acara Gerakan Tanam Padi Organik Kelompok Tani Tirta Pusaka di Desa Pamokolan, Kecamatan Cihaurbeti, Ciamis, Kamis (26/11).

Ia menuturkan kegiatan itu upaya pemerintah memotivasi kelompok tani agar menerapkan sistem tanam padi organik untuk meningkatkan hasil pertaniannya menjadi lebih baik.

Pemkab Ciamis, lanjut dia, sudah siap mengalokasikan anggaran terkait program pangan itu untuk pengembangan awal di lahan pertanian seluas dua hektar yang terbagi di empat desa.

"Anggaran dari APBD tahun 2020 dan menggunakan lahan pertanian seluas 2 hektar yang terbagi kepada empat desa," katanya.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan bahwa Pemkab Ciamis telah menetapkan wilayah utara sebagai kawasan agropolitan karena kondisi wilayahnya cukup mendukung untuk kawasan pertanian.

"Pemkab Ciamis telah menentukan kawasan agropolitan yaitu di Ciamis bagian utara, seperti Panumbangan dan Cihaurbeti, hal itu karena daerah tersebut sangat mendukung untuk pertanian," katanya.

Ia menyampaikan dukungannya kepada seluruh pihak yang telah berupaya mengembangkan program tanam pani organik dalam rangka meningkatkan produktvitas dan kualitas pertanian di Kabupaten Ciamis.

Kabupaten Ciamis, kata dia, memiliki sumber daya alam yang melimpah sehingga patut disyukuri dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pertanian, peternakan maupun perikanan oleh masyarakat.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Terkini

Bertambah 3, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Jadi 15

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:57 WIB
X