• Kamis, 23 September 2021

Polisi/TNI Jalani Tes Cepat Sebelum Amankan Pilkada Tasik

- Senin, 7 Desember 2020 | 18:00 WIB
Antara Foto
Antara Foto

INILAH, Tasikmalaya- Seluruh personel Polri dan TNI menjalani tes usap terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi kesehatannya nonreaktif dari COVID-19 sebelum disebar melakukan pengamanan pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada 9 Desember 2020.

"Sebelum diterjunkan ke lapangan, seluruh anggota dicek kesehatannya, rapid test dulu untuk memastikan seluruh personel yang bertugas dalam keadaan sehat," kata Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan di Tasikmalaya, Senin (7/12).

Ia menuturkan personel yang disiapkan untuk pengamanan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 322 personel dari kepolisian dan 122 personel dari jajaran TNI.

Selain personel dari wilayah Tasikmalaya, kata dia, jajarannya mendapatkan bantuan personel pengamanan dari Kepolisian Daerah Jawa Barat untuk mengamankan tempat pemungutan suara (TPS).

Jika hasil tes cepat diketahui ada yang reaktif, kata dia, maka personel yang bersangkutan akan diganti dengan personel cadangan yang sudah disiapkan sebelumnya.

"Akan diganti, kita masih punya cadangan kekuatan sekira 300 orang personel cadangan," katanya.

Kapolres menyampaikan seluruh personel yang diterjunkan ke lapangan akan dilengkapi alat pelindung diri (APD) sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Selain Polri dan TNI, kata dia, petugas keamanan lainnya dari unsur Satuan Linmas di setiap TPS dibekali APD selama pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

"Akan kita bekali APD, rekan-rekan Linmas juga kita bekali APD dalam melaksanakan tugasnya," katanya.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Terkini

Garut PPKM Level 2, Helmi Budiman: Jangan Lengah!

Senin, 20 September 2021 | 19:51 WIB
X