• Jumat, 17 September 2021

Beni Bahtiar Gantikan Zat Zat Munazat Sebagai Pj Sekda Garut

- Senin, 7 Desember 2020 | 17:55 WIB
Foto: Zainulmukhtar
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa Barat Beni Bahtiar resmi diangkat menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Garut menggantikan Zat Zat Munazat yang kembali ke jabatan definitifnya sebagai Inspektur Kabupaten Garut.

Beni dilantik Bupati Garut Rudy Gunawan sebagai Pj Sekda Garut di Lapang Apel Setda Garut Jalan Pembangunan, Senin (7/12/2020). Dia akan bertugas sebagai Pj Sekda Garut selama tiga bulan ke depan, hingga ada pejabat Sekda Garut definitif. Zat Zat Munazat sendiri sebelumnya menempati posisi PJ Sekda Garut selama enam bulan. 

Menurut Rudy, Pj Sekda merupakan amanah diatur dalam perundang–undangan yang ditentukan Gubernur Jawa Barat melalui usulan Bupati dalam rangka mengisi kekosongan Pj Sekda, sebelum dilantiknya Sekda definitif.

Rudy pun mengingatkan Beni akan dua agenda penting dihadapi saat ini. Yakni berkaitan penyerapan APBD Garut Tahun Anggaran (TA) 2020 yang saat ini sudah berada di penghujung tahun, dan penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Garut TA 2021. 

Berkaitan APBD TA 2020, Rudy memastikan penyerapannya sesuai ketentuan. Namun dia berharap surat perintah pencairan (SPM) dikeluarkan harus benar-benar dengan memerhatikan prestasi pihak ketiga dalam menyelesaikan pekerjaannya. SPM jangan asal dikeluarkan hanya demi mengejar habis tahun anggaran.

"Saya mohon bantuan para inspektorat untuk memberikan bimbingan–bimbingan, dan masing-masing para kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) melaporkan kepada inspektorat terhadap pekerjaan–pekerjaan yang belum selesai. Dan harus ditentukan sikap oleh kita, supaya ada kepastian dari sisi anggaran, sesuai dokumen pelaksanaan anggaran," ujarnya.

Sedangkan mengenai penyusunan DPA TA 2021, Rudy meminta DPA tersebut diserahkan pada 4 Januari 2021 agar anggaran bisa cepat direalisasikan. (Zainulmukhtar)

Editor: donramdhani

Terkini

X