• Sabtu, 16 Oktober 2021

Komisi III Sebut Kab. Cirebon Darurat Sampah

- Senin, 4 Januari 2021 | 13:50 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Cirebon - Banjir besar yang terus melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Cirebon, mendapat komentar pedas dari kalangan anggota dewan. Malahan Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon, Hermanto menyebutkan, darurat sampah harus segera diberlakukan oleh Pemkab Cirebon. Alasannya, banjir dan bencana lainnya yang terjadi saat ini, persoalan utamanya dari sampah.

 

Ironisnya, Hermanto mengaku heran dengan sikap Pemkab, yang seolah tidak peduli dengan persoalan sampah yang ada saat ini. Justru dia mempertanyakan, kenapa sampai saat ini Pemkab belum menyatakan, bahwa Kabupaten Cirebon sudah masuk kategori darurat sampah.

 

"Komisi III sepakat, bahwa Kabupaten Cirebon masuk dalam kategori darurat sampah. Ini bukan persoalan tahun ini, tapi tahun kemarin juga. Tapi kenapa Pemkab seolah menganggap sepele persoalan ini," kata Hermanto, Senin (4/1/2020).

 

Ironisnya lanjut Hermanto, respon Pemkab terkait masalah darurat sampah menganggap biasa saja. Persoalan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) dari tahun kemarin belum juga terealisasi. Terkait banyaknya penolakan masyarakat masalah TPAS, justru merupakan kesalahan Pemkab terutama SKPD yang membidangi. 

 

"Tempat kan sudah ada. Gagal karena banyak warga yang menolak. Harusnya sosialisasi gencar dilakukan Pemkab terutama Dinas LH. Penolakan hal yang wajar, tapi manfaatnya nanti akan dirasakan masyarakat Kabupaten Cirebon itu sendiri," ungkapnya.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

Solihin Dilantik Jadi Anggota Fraksi PDIP DPRD Garut

Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:15 WIB
X