• Senin, 6 Desember 2021

Wagub Uu Apresiasi Penanganan Bencana Puting Beliung di Desa Slangit

- Kamis, 7 Januari 2021 | 15:10 WIB
Foto: Maman Suharman
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, memberikan apresiasi kepada Pemkab Cirebon untuk penanganan bencana angin puting beliung di Desa Slangit. Hal itu disampaikan UU, saat meninjau langsung lokasi bencana angin puting beliung Slangit, Kamis (7/1/2021).

Menurut Uu, dirinya langsung diperintahkan Gubernur, untuk mengetahui langsung kondisi masyarakat, pasca bencana angin puting beliung. Namun ternyata, kinerja Pemkab Cirebon bersama Forkopimda dan masyarakat, sangat luar biasa. Saat ini sudah banyak perbaikan pada rumah penduduk yang rusak akibat serangan puting beliung.

"Kinerja Pemkab Cirebon dibawah pimpinan pak bupati luar biasa. Saya datang kesini, sudah banyak progres perbaikan yang signifikan. Ini sangat luar biasa. Warga yang terdampak juga tidak terlalu lama menunggu perbaikan rumah mereka," kata Uu.

Uu mengaku, pertama mengetahui ada serangan angin puting beliung Slangit dari media masa. Namun saat dipantau lewat medsos, Bupati dan perangkatnya dibantu Forkopimda, langsung sigap turun kelapangan. Disinilah, peran pemerintah daerah sangat diperlukan untuk memberikan suport kepada warga yang terkena musibah.

"Saya lihat peran serta Pemkab Cirebon dan Forkopimda dibantu masyarakat, sangat luar biasa. Kalau Pemrov kan jauh, dan ini tiga kali bupati terjun langsung ke lokasi," ungkap Uu.

Dalam kesempatan tersebut, Uu menyerahkan bantuan berupa paket sembako serta CSR senilai Rp350 juta. Namun menurutnya, bantuan tersebut tidak seberapa, dibandingkan dengan 315 rumah terdampak, apalagi banyak yang rusak berat. Tapi Uu berjanji, kalau saja Pemkab Cirebon masih membutuhkan, tidak menutup kemungkinan Pemprov Jabar kembali mengirim bantuan. 

"Tapi mudah mudahan Pemkab Cirebon bisa menanggulangi kebutuhan anggaran untuk bencana di desa Slangit. Tapi kalau mengajukan ke kami, kenapa tidak. Akan kami bantu, karena ada anggaran BTT untuk bencana. Tapi kan perlu waktu dan administrasi yang jelas, sehingga kita tidak ada kesalahan saat mengeluarkan anggaran tersebut," jelas Wagub.

Sementara Bupati Cirebon, Imron, berterima kasih atas kepedulian Pemprov Jabar yang diwakili Wagup, yang datang langsung ke lokasi bencana. Bantuan Pemrov Jabar akunya, sangat berarti dan bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana. Namun apakah mau minta bantuan tambahan atau tidak, saat ini dirinya belum bisa memutuskan.

"Nanti saja, saya masih menunggu laporan apakah perlu bantuan lagi dari provinsi atau tidak. Tapi kedatangan Wagup, bukti nyata bahwa Pemrov Jabar peduli dengan dengan kondisi Kabupaten Cirebon," tukasnya. (maman suharman)

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

Vaksinasi Lansia di Garut Mencapai 60,6 Persen

Minggu, 5 Desember 2021 | 10:18 WIB

Pemkab Bekasi Salurkan Bantuan ke Yayasan ODGJ Tambun

Jumat, 3 Desember 2021 | 10:47 WIB

Lima Sembuh, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Menurun

Jumat, 3 Desember 2021 | 09:51 WIB

Rudy Gunawan Sebut Angka Kemiskinan di Garut Naik

Kamis, 2 Desember 2021 | 16:00 WIB

Ribuan Buruh Pabrik Rokok Peroleh BLT dari DBHCHT

Rabu, 1 Desember 2021 | 16:10 WIB
X