• Sabtu, 18 September 2021

Vaksinasi Bukan Solusi Terakhir Pandemi Covid-19

- Senin, 11 Januari 2021 | 12:20 WIB
Foto: Zainulmukhtar
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut- Kendati vaksin Covid-19 sudah ada dan bisa mulai diberikan kepada sebagian masyarakat, hendaknya masyarakat tak mengganggapnya sebagai solusi pamungkas.

Pasalnya, vaksin bukanlah obat yang mematikan Covid-19. Vaksin hanya merangsang tumbuhnya antibodi di dalam tubuh sehingga fatalitas bagi mereka yang terinfeksi bisa dikurangi. Mereka yang sudah divaksin bukan berarti akan kebal dari virus dan tak berpotensi menulari orang lain. 

Selebihnya, disiplin terhadap pelaksanaan protokol kesehatan justeru menjadi kunci mengatasi pandemi Covid-19 sebenarnya. Vaksinasi dijalankan tak boleh meninggalkan protokol kesehatan.

Hal itu mengemuka pada Diskusi Publik "Vaksinasi Covid-19, Perubahan Perilaku dan Diseminasi Informasi Persepsi tentang Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat" digelar BBC Media Action kerjasama Dewan Pers secara Daring, Jum'at (10/1/2021).

Salah satu pembicara dari Satgas Nasional Penanganan Covid-19 Hery Trianto mengatakan, kendati vaksin di Indonesia mulai dapat diberikan rencananya per 13 Januari 2021 dengan prioritas tenaga kesehatan sebelum kemudian kepada masyarakat lainnya, vaksin bukanlah solusi tunggal mengatasi masalah Covid-19

Dia menegaskan, agar masyarakat bisa santai lagi melakukan aktivitasnya sehari-hari maka kunci mengatasi pandemi Covid-19 itu masyarakat harus tetap disiplin melaksanakan 3M, Memakai masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir. 

Hery optimis rencana vaksinasi Covid-19 di Indonesia dapat berjalan baik. Terlebih masyarakat yang menyatakan mau divaksin Covid-19 terbilang besar, mencapai 65 persen. 

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo juga mengatakan ada sebanyak 65 persen masyarakat Indonesia bersedia divaksin, bahkan sebagian bersedia membayar. Namun Presiden Joko Widowo menegaskan semua vaksin Covid-19 itu diberikan gratis.

Diakuinya komunikasi publik saat ini menjadi tantangan agar masyarakat mau divaksin. "Presiden sangat yakin pada 2021 ini, pandemi Covid-19 dapat diatasi. Berdasarkan penelitian, vaksin bisa selesaikan masalah ini," ujar Widodo.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

Bertambah 1, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Berjumlah 57

Jumat, 17 September 2021 | 17:01 WIB
X