• Sabtu, 18 September 2021

Pemkab Cirebon Sewa Hotel untuk Tempat Isolasi

- Jumat, 15 Januari 2021 | 16:30 WIB
Foto: Maman Suharman
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Pemkab Cirebon akhirnya menyewa salah satu hotel berbintang di daerah Gronggong. Selama tiga bulan ke depan, hotel yang tersebut disiapkan untuk ruang isolasi pasien terkonfirmasi Covid-19. 

Tak tanggung-tanggung, anggaran yang dikucurkan untuk menyewa hotel itu sekitar Rp600 juta. Dana sebesar itu untuk menyewa hotel selama tiga bulan mulai Januari hingga Maret mendatang. 

Bupati Cirebon Imron menjelaskan, Pemkab Cirebon menyewa 41 kamar hotel yang diperuntukan bagi 78 pasien terkonfirmasi covid yang harus di isolasi. Saat ini, pihaknya sudah siap menampung pasien, dan rencananya mulai beroperasi pada Senin depan. Disewanya hotel itu karena memang ruang isolasi pada semua rumah sakit yang ada di Kabupaten Cirebon penuh.

"Ya kami mau tidak mau harus menyewa hotel. Ini bukti kepedulian Pemkab Cirebon dalam menangani pasien covid yang harus diisolasi. Masalahnya, semua ruangan isolasi dirumah sakit yang ada di Kabupaten Cirebon, penuh," kata Imron saat mengecek persiapan ruang isolasi, Jumat (15/1/2021).

Menurutnya, posisi hotel yang saat ini disewa tersebut sangat representatif dan secara psikologi bisa mempercepat penyembuhan pasien terkonfirmasi. Alasannya, lokasi hotel jauh dari pemukiman warga, ditambah pula dengan udara yang cukup sejuk. Tentu, bisa mempercepat kesembuhan pasien.

"Di sini tempatnya enak. Udara sejuk dan setiap pagi sudah diagendakan mereka harus berolah raga. Mudah mudahan, pasien yang diisolasi disini, proses penyembuhannya bisa cepat," jelas Imron.

Di bagian lain, Imron melihat perkembangan kasus terkonfirmasi Covid-19, semakin meningkat. Untuk itu, Satgas Penanggulangan Covid-19 diharapkan bisa bekerja lebih keras untuk segera meminimalisir. Pihaknya terus melakukan monitoring pelaksanaan pembatasan kegiatan nasyarakat (PPKM) se-Kabupaten Cirebon. 

"Mudah mudahan pelaksanaan PPKM bisa mencegah penyebaran Covid di Kabupaten Cirebon. Kalau kasus terkonfirmasi terus bertambah, wajar saja. Karena setiap ada yang terkonfirmasi, Dinkes langsung melakukan tracing. Kalau kita diam saja, penambahan kasus Covid tidak akan terdeteksi," pungkasnya. (Maman Suharman)

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Bertambah 1, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Berjumlah 57

Jumat, 17 September 2021 | 17:01 WIB
X