• Minggu, 24 Oktober 2021

Pemkab Cirebon Siapkan Jembatan Darurat Lojikaum-Kalimati

- Selasa, 2 Februari 2021 | 11:15 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Cirebon - Jembatan yang menghubungkan Desa Karangwuni Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon, dengan Kabupaten Kuningan, roboh.Jembatan yang lebih dikenal dengan nama yang pertengahan bulan  kemarin sudah retak, akhirnya ambruk juga. Ditengarai, jembatan tidak kuat menahan hantaman banjir yang cukup besar.

 

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Cirebon, Iwan Rizki, membenarkan ambruknya jembatan tersebut. Menurutnya, sejak mulai retak pada bagian pondasi, sudah ada rencana untuk segera membangun jembatan darurat. Dirinyapun tidak menyangka, jembatan tiba-tiba langsung ambruk. Pihak PU, saat ini sudah mempersiapkan pembangunan jembatan darurat

 

"Kami sudah antisipasi untuk pembuatan jembatan darurat. Tapi bukan jembatan gantung ya. Kita siapkan mulai hari ini. Panjangnya sesuai jembatan semula yaitu 30 meter, hanya lebarnya saja dari 4 meter kita buat 1,5 meter saja," kata Iwan, Selasa (2/2/2021).

 

Nantinya, jembatan tersebut bisa dipakai akses sementara masyarakat. Sementara, hanya kendaraan roda dua yang bisa melintasi. Sedangkan, tahun ini juga pihak PUPR akan menganggarkan untuk pembuatan jembatan permanen, untuk mengganti jembatan yang saat ini roboh. Terkait nilai, Iwan belum bisa menjelaskan, karena masih dihitung oleh bagian perencanaan.

 

"Yang penting kami bangun dulu jembatan darurat supaya akses ekonomi masyarakat tidak terputus. Nilainya juga masih dihitung termasuk untuk jembatan permanennya, kita lakukan perubahan parsial, karena tahun ini kan sebenarnya tidak dianggarkan. Tapi kalau perubahan parsial, ya pasti tahun ini kita akan bangun baru," jelasnya.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

Bertambah 3, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Jadi 15

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:57 WIB
X