• Rabu, 22 September 2021

40 Persen Nakes di Kabupaten Cirebon Divaksin Tahap Pertama

- Jumat, 5 Februari 2021 | 18:15 WIB
Foto: Maman Suharman
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Cirebon ditargetkan rampung akhir pekan ini. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon mencatat, hingga hari ke lima sudah lebih dari 2 ribuan Nakes menjalani vaksinasi. Dengan kata lain, dari total 7.203 Nakes itu tercapai 40 persen. 

"Sampai hari ini vaksinasi berjalan dengan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan. Nakes yang sudah di vaksin lebih dari dua ribu orang sampai hari ini," kata Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni usai meninjau vaksinasi di RSUD Arjawinangun, Jumat (5/2/2021).

Dia menjelaskan, sebelum pemberian vaksin semua nakes harus mengikuti pemeriksaan rapid test terlebih dahulu. Sehingga, jika ditemukan hasilnya reaktif maka akan dilanjut dengan pemeriksaan Swab. 

"Kita harus memastikan dulu bahwa nakes tersebut sehat dan tidak terpapar Covid. Jangan sampai nanti setelah di vaksin, tau-tau positif," ungkapnya. Enny 

Menurutnya, untuk pemberian vaksin di rumah sakit ditargetkan rampung dalam dalam tiga hari. Namun, karena terkendala operasional jam jaga sasarannya banyak maka ditargetkan rampung pada Sabtu akhir pekan ini. 

Dia menambahkan, ada beberapa Nakes yang vaksinasinya ditunda karena memiliki riwayat hipertensi atau penyakit bawaan. Sehingga, belum bisa dilaksanakan vaksinasi sampai kondisi yang bersangkutan masuk syarat dan ketentuan. 

"Bahkan ada juga nakes yang belum punya tiket. Sehingga harus dikonfirmasi terlebih dahulu. Ada  juga yang tidak bisa karena hamil, menyusui, jantung, komorbid dan pernah terkonfirmasi Covid-19,” tandasnya. (Maman Suharman)

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Garut PPKM Level 2, Helmi Budiman: Jangan Lengah!

Senin, 20 September 2021 | 19:51 WIB
X