• Selasa, 26 Oktober 2021

Hujan Deras, Banjir Terjang Sejumlah Permukiman di Garut

- Kamis, 1 April 2021 | 14:50 WIB
Foto: Zainulmukhtar
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Puluhan rumah penduduk di sejumlah lokasi di Kecamatan Garut Kota, Tarogong Kidul, dan Kecamatan Tarogong Kaler diterjang banjir, menyusul hujan deras sepanjang Rabu (31/3/2021) siang hingga petang.

Di Kampung Panawuan Genteng RT 03 RW 13 Kelurahan Sukajaya Kecamatan Tarogong Kidul, sedikitnya tujuh rumah penduduk sempat terendam banjir luapan sungai dari arah Kampung Cileet Desa Sirnajaya Kecamatan Tarogong Kaler.

Di Kampung Mekarjaya RW 16 Desa Haurpanggung masih Kecamatan Tarogong Kidul, diperkirakan sekitar 20 rumah penduduk juga terendam banjir diduga berasal dari luapan air dari drainase yang tak mampu menampung debit air dengan derasnya hujan hari itu.  

Di Kecamatan Tarogong Kaler, banjir menerjang komplek Pesantren Persis Rancabango di Kampung Kudangsari RT 05 RW 05 Desa Rancabango. 

Di komplek pendidikan tersebut, dilaporkan tujuh unit bangunan rumah ustaz terendam banjir berketinggian sekitar 50 centimeter, sebanyak sebelas ruang kelas Mualimin tergenang banjir berketinggian sekitar sepuluh centimeter. 

"Banjir melanda komplek Pesantren Persis Rancabango ini dari luapan Sungai Ciojar," kata relawan yang juga staf Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut Tono Hartono.

Tak dilaporkan adanya korban jiwa maupun kerusakan bangunan. Sejumlah warga terdampak banjir dibuat sibuk berupaya menyelamatkan barang-barang mereka. Termasuk menyelamatkan arsip-arsip penting di lingkungan pendidikan Pesantren Persis Rancabango.

Selain permukiman penduduk, sejumlah ruas jalan juga sempat tergenang banjir. Antara lain ruas Jalan Proklamasi Kecamatan Tarogong Kidul, dan ruas Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Garut Kota. Sehigga arus lalu lintas terganggu. Sejumlah pengendara mencoba memaksa melintas pun tak sedikit terjebak banjir dan kendaraannya nyaris mogok. 

"Belum diketahui pasti, yang terkena banjir di mana saja. Kita masih terus mengumpulkan informasi dan melakukan pendataan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut Tb Agus Sopyan. (Zainulmukhtar)

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Bertambah 3, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Jadi 15

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:57 WIB
X