• Jumat, 22 Oktober 2021

Hari Jadi ke-538 Kabupaten Cirebon Kini Sepi

- Kamis, 1 April 2021 | 17:30 WIB
Foto: Maman Suharman
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Hari Jadi ke-539 Kabupaten Cirebon yang akan dilaksanakan Jumat (2/4/2021) besok dipastikan sepi. Pemkab Cirebon tidak menggelar perayaan apapun. 

Agenda yang ada hanya rangkaian ziarah ke makam Sunan Gunung Jati dan pada hari H hanya upacara biasa saja. Itu pun hanya dipusatkan di Kantor Bupati. Sementara, setiap OPD menyaksikan secara virtual saja. Demikian dikatakan Kabag Humas Pemkab Cirebon Nanan Abdul Manan, Kamis (1/4/2021).

Nanan menjelaskan, tidak adanya perayaan besar-besaran karena kondisi Vovid-19 yang masih harus diwaspadai. Pihaknya melarang masyarakat untuk melakukan pesta apapun berkaitan dengan hari jadi Kabupaten Cirebon. Selain menghindari kerumunan, juga ditakutkan ada Prokes yang dilanggar masyarakat. Tentu akan menjadi masalah besar nantinya yang merugikan masyarakat sendiri.

"Perayaannya hanya upacara secara seremonial. Yang hadir langsung di Pemkab hanya pejabat inti setiap OPD. Pegawainya mengikuti secara virtual di masing-masih OPD," ungkap Nanan.

Namun lanjut Nanan, ada juga kegiatan setelah upacara peringatan hari jadi, yaitu spesial call. Kegiatannya adalah berupa pidato Bupati Cirebon Imron terkait hari jadi Kabupaten Cirebon. Spesial call disiarkan langsung ORARI ke seluruh dunia.

"Ini mungkin yang pertama kali pidato bupati cirebon dalam hari jadi disiarkan langsung oleh ORARI. Ini bentuk kerjasama Pemkab Cirebon dengan pihak ORARI," jelas Nanan.

Nanan kembali menegaskan, dari hasil rapat pihak panitia hari jadi dengan Satgas Covid-19 memutuskan tidak ada bentuk perayaan apapun. Ini mempertimbangkan aspek dimasa pandemi, yang bisa menimbulkan kerumunan.

"Ini memberikan contoh kepada masyarakat, bahwa pemkab taat terhadap protokol kesehatan. Jangan  sampai menjadi contoh yang jelek buat masyarakat, manakala tetap perayaan hari jadi dilaksanakan. Masalahnya, akan sangat sulit menerapkan protokol kesehatan," tukas Nanan. (Maman Suharman)

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Bertambah 3, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Jadi 15

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:57 WIB

Garut Masih Bergeming di PPKM Level 3

Selasa, 19 Oktober 2021 | 20:00 WIB
X