• Rabu, 8 Desember 2021

DPRD Kab Cirebon Bakal Siapkan Fasilitas Pojok Baca

- Jumat, 16 April 2021 | 16:30 WIB
Foto: Maman Suharman
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon akan menyiapkan fasilitas baru berupa pojok baca. Nantinya, fasilitas itu dijadikan satu dengan ruangan gerai UMKM yang sudah ada di gedung legislatif tersebut.

Sekretaris DPRD Kabupaten Cirebon Ikin Asikin menyampaikan, selama ini kehadiran tamu di DPRD cukup banyak, khususnya dari luar daerah. Maka, pihaknya akan kembali berinovasi setelah sebelumnya sudah menyediakan fasilitas gerai UMKM. Ini adalah upaya untuk memberi kenyamanan kepada tamu yang datang agar tidak jenuh.

"Jadi, tempatnya bakal dikombinasikan dengan gerai UMKM yang sudah ada. Ini salah satu cara kita untuk menambah ilmu pengetahuan. Termasuk meningkatkan minat baca masyarakat yang berkunjung ke DPRD. Dinas Arsip juga sudah melakukan survei," kata Ikin, Jumat (16/4/2021).

Menurutnya, literasi buku bacaan itu nanti yang berkaitan dengan dinas terkait. Misalnya, Dinas Pertanian tentunya menyediakan buku pengetahuan tentang pertanian. Begitupun dengan dinas lainnya. Sedangkan keberadaan pojok baca, nantinya bisa dimanfaatkan para tamu sambil menunggu agenda ataupun anggota DPRD yang dituju. Hal itu salah satu cara untuk menghilangkan rasa jenuh. 

"Apalagi saat agenda rapat paripurna yang waktu menunggunya cukup lama. Pojok baca nantinya, bisa dimanfaatkan untuk baca-baca sambil menunggu. Daripada diam mending baca buku. Tambah pengetahuan. Sama saja ibadah," ungkap Ikin.

Ikin menambahkan, kombinasi sudut baca dengan gerai UMKM itu, sekaligus mempromosikan produk lokal olahan makanan dari para UMKM ke masyarakat luas. Ini sebagai bentuk kepedulian DPRD Kabupaten Cirebon dalam mendorong perkembangan usaha UMKM

"Pasti ada rasa tertarik dari para tamu. Selain ada UMKM juga ada pojok baca. Yang bahan bacaannya kedepan akan dilengkapi lagi," tukasnya. (Maman Suharman)

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

BumDes Subang borong penghargaan bjb Bungah

Selasa, 7 Desember 2021 | 11:52 WIB

Kasus Aktif Covid-19 di Garut Turun Jadi 6

Senin, 6 Desember 2021 | 21:30 WIB

Vaksinasi Lansia di Garut Mencapai 60,6 Persen

Minggu, 5 Desember 2021 | 10:18 WIB

Pemkab Bekasi Salurkan Bantuan ke Yayasan ODGJ Tambun

Jumat, 3 Desember 2021 | 10:47 WIB

Lima Sembuh, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Menurun

Jumat, 3 Desember 2021 | 09:51 WIB

Rudy Gunawan Sebut Angka Kemiskinan di Garut Naik

Kamis, 2 Desember 2021 | 16:00 WIB
X