• Kamis, 2 Desember 2021

Pemkab Garut Akan Terus Evaluasi Uji Coba PTM Jelang Tahun Ajaran Baru

- Selasa, 20 April 2021 | 17:20 WIB
Foto: Zainulmukhtar
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Pemkab Garut akan terus melakukan evaluasi terhadap uji coba penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah-sekolah di Kabupaten Garut berkaitan pemenuhan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19. 

Evaluasi dilakukan guna memastikan kesiapan sekolah-sekolah di Kabupaten Garut melaksanakan PTM pada tahun ajaran baru 2021-2022 yang ditargetkan mulai Mei-Juli 2021 ini.

Hal itu dikemukakan Wabup Garut Helmi Budiman di sela monitoring ke sejumlah sekolah berkaitan uji coba PTM yang serentak dimulai sejak Senin (19/4/2021).

"Kami akan terus melakukan evaluasi terkait kekurangan-kekurangan apa saja. Sehingga nanti pada saatnya proses pembelajaran di tahun ajaran baru, betul betul sudah siap," kata Helmi.

Dari berbagai satuan pendidikan yang ada di Kabupaten Garut, khususnya di bawah kewenangan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut, Helmi menilai jenjang satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) paling siap menggelar PTM dibandingkan lainnya. 

"Semuanya telah memenuhi standar protokol kesehatan. Walaupun masih banyak yang harus dibenahi. Contohnya, hampir semua ruangan ventilasinya masih perlu pembenahan," ujar Helmi.

Dia juga menyebutkan, kesiapan SMP menggelar PTM ditunjukkan dengan persentase jajaran guru di SMP yang sudah divaksin Covid-19 mencapai sekitar 62 persen. 

"Tinggal Guru SD (Sekolah Dasar),TK (Taman Kanak-Kanak), dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)  yang masih dalam tahap proses vaksinasi. Sambil menunggu ketersediaan vaksin, kami targetkan bulan Mei sampai Juli sudah selesai. Jadi, saat tahun ajaran baru sudah betul-betul siap," kata Helmi. 

Ditambahkannya, selama uji coba berlangsung, proses PTM di sekolah itu sendiri hanya mencapai 25 persen. Selebihnya, proses pembelajaran masih dilakukan secara daring. Jam pelajaran di sekolah hanya berdurasi sekitar 2,5 jam sampai 3 jam tanpa ada istirahat. 

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Ribuan Buruh Pabrik Rokok Peroleh BLT dari DBHCHT

Rabu, 1 Desember 2021 | 16:10 WIB

Pemkab Cirebon Dorong Regenerasi Petani

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:15 WIB
X