• Kamis, 16 September 2021

Pemkab Cirebon Segera Distribusikan 3.000 Paket Bansos Kemensos

- Rabu, 28 Juli 2021 | 16:20 WIB
net
net

INILAH, Cirebon - Bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) bagi warga Kabupaten Cirebon segera didistribusikan dalam waktu dekat. Rencananya, Pemkab Cirebon menjadwalkan pendistribusian bansos tersebut pada pekan depan.

Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon Gunarsa mengatakan, total bansos yang akan disalurkan Pemkab Cirebon sebanyak 3.000 paket beras. Sasaran bansos tersebut langsung ditujukan kepada keluarga penerima manfaat (KPM). 

"Sebanyak 3,000 paket dari Kemensos akan kita distribusikan, sasarannya KPM. Nantinya masing-masing KPM mendapat 5 kg beras," ungkap Gunarsa, Rabu (28/7/2021).

Menurutnya, jumlah 3.000 KPM tersebut diambil dari total Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang berjumlah 39.384 KPM. Gunarsa menyebut, penerima bantuan tersebut di luar penerima bantuan dari program keluarga harapan (PKH), bantuan sosial tunai (BST), dan bantuan-bantuan lainnya.

"Data DTKS kita di luar penerima bantuan tersebut ada 39 ribu lebih. Jadi nanti yang akan dapat bantuan hanya 3.000 KPM, sumbernya dari Kemensos," ujarnya.

Mengingat bantuannya terbatas, sambung Gunarsa, nantinya dari satu desa hanya 7 KPM yang akan mendapatkan bantuan. Kondisi tersebut, dipastikan Gunarsa akan menimbulkan kecemburuan sosial. Lantaran hanya sebagian kecil KPM saja yang mendapatkan bantuan di tiap desanya.

"Jika dihitung, per desa paling hanya mendapatkan 7 KPM saja. Ini mau tidak mau kita terima, cemburu sosial tentu tidak bisa kita hindarkan. Tetap kita bagikan kepada penerima disetiap desa berdasarkan data DTKS dari puskesos agar tepat sasaran," jelasnya.

Gunarsa menambahkan, untuk pendistribusiannya sendiri, akan dilakukan dalam waktu dekat. Dengan bantuan tersebut dirinya berharap bisa meringankan beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19. (Maman Suharman)

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

X