• Sabtu, 16 Oktober 2021

PPKM Level 3, Bupati Lantik 214 Kades secara Virtual

- Rabu, 28 Juli 2021 | 18:10 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Garut - Gegara pandemi Covid-19 dan masih dalam masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3, Bupati Garut Rudy Gunawan akhirnya melantik sebanyak 214 kepala desa (kades) terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Garut Tahap II Gelombang I pada 8 Juni 2021 lalu secara virtual melalui video telekonferensi di Ruang Pamengkang Pendopo Garut, Rabu (28/7/2021).

Namun, secara simbolis ada empat kades terpilih dilantik langsung di Ruang Pamengkang yakni Kepala Desa Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler Gunardi, Kepala Desa Pakenjeng Kecamatan Pamulian Sadam Sanjaya, Kepala Desa Tegalgede Kecamatan Pakenjeng Kartika Ernawati, dan Kepala Desa Purbayani Kecamatan Caringin Siti Julaeha. 

Sedianya, ada sebanyak 217 kades terpilih dalam Pilkades Serentak Tahap II Gelombang I Tahun 2021 itu. Namun dua kades terpilih di antaranya meninggal dunia sebelum sempat dilantik, dan satu kades urung terpilih karena Pilkadesnya tertunda. 

Untuk itu, pada kesempatan tersebut Rudy juga melantik dua pejabat pemerintah kecamatan selaku penjabat kades untuk dua desa yang kadesnya meninggal dunia sebelum sempat dilantik. Dua kades meninggal tersebut yakni atas nama Dedi dari Desa Sirnagalih Kecamatan Bayongbong, dan atas nama Ateng Jajuli dari Desa Sakawayana Kecamatan Malangbong. Juga satu pejabat pemerintah lecamatan lain dilantik sebagai penjabat kades di desa yang tertunda pilkadesnya. 

Selain itu, Bupati juga melantik pejabat Pemerintah Kecamatan sebagai satu penjabat kades hasil penggantian antarwaktu. Dengan demikian, ada sebanyak 218 kades dilantik hari itu. 

Rudy kemudian menginstruksikan para kades terpilih melakukan konsolidasi dengan tokoh-tokoh masyarakat di masing-masing desanya. Juga, meminta mereka selaku Ketua Satgas Covid-19 tingkat desa melakukan langkah-langkah tracing, vaksinasi, dan isolasi mandiri.

Turut hadir menyaksikan acara tersebut, Ketua DPRD Garut Euis Wartiah, Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, dan perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Alhamdulillah, merasa lebih lega. Karena mungkin udah bisa mulai bekerja. Dari kemarin kan belum ada kepastian. Itu ke lapangannya susah kalau belum dilantik ya ? Tapi hari ini, mudah-mudahan bisa lebih maksimal lagi dalam bekerja, bersilaturahmi," kata Kades Pakenjeng Kecamatan Pamulihan Saddam Sanjaya. 

Kades termuda dilantik dalam usia masih 25 tahun tersebut berharap setelah dilantik, dirinya bisa bekerja maksimal dan memberikan nilai manfaat bagi desanya.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Solihin Dilantik Jadi Anggota Fraksi PDIP DPRD Garut

Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:15 WIB
X