• Minggu, 19 September 2021

Hampir Setengah Miliar Rupiah PDIP Bantu Warga Terdampak Covid-19

- Minggu, 1 Agustus 2021 | 16:15 WIB
Foto: Maman Suharman
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Gotong royong para kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk warga Kabupaten Cirebon yang terpapar dan terdampak Covid-19 jumlahnya mencapai angka lebih dari setengah miliar rupiah. Bahkan, bantuan tersebut juga diberlakukan di kota/kabupaten se-Jawa Barat.

Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono menyampaikan, di masa pandemi Covid-19 sekarang ini partainya hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan bantuan. Bahkan, sejak Rabu (28/7/2021) lalu, DPC PDIP di 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat telah membuka posko. 

"PDI Perjuangan telah membuka posko di 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat secara serentak. Ini perintah langsung dari Ketum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarno Putri," kata Ono ketika meninjau Posko Darurat Covid di Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Cirebon, Minggu (1/8/2021).

Dia menjelaskan, dibentuknya posko darurat Covid-19 ini mempunyai kegiatan pendataan terkait warga yang terpapar dan terdampak Covid-19. Kemudian, memberikan bantuan dalam bentuk sosial. Posko ini juga wajib melakukan vaksinasi dan wajib membuat dapur umum atau bekerja sama dengan warung makan skala UMKM.

"Dan kebetulan di Kabupaten Cirebon dapur umumnya didirikan partai. Yang masak dan menyiapkan sendiri makanan, semua kader kita," jelas Ono. 

Dari dapur umum tersebut setiap harinya menghasilkan dan mendistribusikan bantuan makanan siap saji sebanyak 400-500 bungkus setiap pagi dan sore. Nasi bungkus itu dibagikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 atau yang sedang menjalani solasi mandiri (isoman).

Disinggung rincian jumlah uang yang terkumpul, menurutnya ada Rp390 juta dari pemotongan tunjangan Bupati dan Wabup Cirebon. Namun jumlah tersebut juga hasil pemotongan gaji dan tunjangan anggota DPRD Kabupaten Cirebon

Kemudian, ditambah lagi bantuan dari DPRD provinsi sebesar Rp32,5 juta. Dari DPR yakni Ono sendiri membawa 500 paket sembako atau kalau diuangkan nilainya Rp50 jutaan. Ada juga bantuan dari anggota DPR lainnya. 

"Kalau ditotal semuanya, lebih dari setengah miliar rupiah. Mudah-mudahan bisa membantu masyarakat yang terpapar dan terdampak Covid-19 di Kabupaten Cirebon," ungkap Ono.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Bupati Cirebon Imron Diperiksa KPK, Cek Begini Faktanya

Minggu, 19 September 2021 | 12:03 WIB

Bertambah 1, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Berjumlah 57

Jumat, 17 September 2021 | 17:01 WIB
X