• Rabu, 20 Oktober 2021

Pertamina Teliti dan Lakukan Pemeriksaan USG Kebumian Bawah Permukaan di Cirebon

- Senin, 13 September 2021 | 16:34 WIB
 (maman suharman)
(maman suharman)

INILAHKORAN, Cirebon - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan program breakthrough untuk memperoleh data bawah permukaan terbaru. Mereka menunjuk Pertamina untuk melaksanakan beberapa penelitian pencitraan lapisan dan struktur bawah permukaan.

Kegiatan Penelitian Survei Kebumian 2D Vibroseis Sub-Vulkanik Jawa tersebut merupakan salah satu kegiatan komitmen Pertamina dalam rangka melaksanakan program pemerintah. Hal tersebut terkuak dalam rapat koordinasi antara Pertamina dengan Pemkab Cirebon, Senin 13 September 2021.

Usai melakukan rapat koordinasi, Senior Manager Operation Pertamina Hulu Energi (PHE) Farid Rochmadianto mengatakan secara teknis tujuan utama dari survei ini adalah untuk mendapatkan gambaran, citra, dan foto lapisan bawah permukaan. Terutama, pada area di bawah lapisan batuan vulkanik di sepanjang wilayah di area Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Baca Juga: Soal Kisruh Proyek Pokir DPRD di Kelurahan Pejambon, Ini Kata DPKPP Kabupaten Cirebon

Untuk area Jawa Barat sendiri, kegiatan ini akan berlangsung pada pertengahan Oktober hingga November 2021. Wilayahnya meliputi Kabupaten Ciamis, Majalengka, Kuningan, dan Cirebon. Dalam gambaran sederhana, survei ini tidak jauh berbeda dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG).

"Metode ini merupakan salah satu metode paling akurat dan umum digunakan untuk memeriksa kenampakan dan kondisi janin atau bayi pada ibu hamil. Seperti halnya USG, survei kebumian ini juga merupakan metode untuk mendapatkan gambaran, foto, citra bawah permukaan bumi. Kita menggunakan mobil vibroseis truck dan penerima gelombang," katanya.

Farid menerangkan, truk vibroseis digunakan sebagai sumber gelombang. Selain itu, ada alat penerima gelombang. Sedangkan, truk vibroseis akan bekerja dan melintas di sepanjang jalan dari Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis hingga Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon.

Baca Juga: Warga Pejambon Hentikan Proyek Pokir DPRD Kabupaten Cirebon, Ini Penyebabnya

"Kami menggunakan mobil vibroseis sebagai sumber gelombang dan alat penerima gelombang. Kami berharap hasil kegiatan ini dapat memberikan jawaban atas penugasan yang diberikan Pemerintah ke Pertamina," ucapnya.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X