• Jumat, 17 September 2021

Beko Menyerah, Pengurukan Proyek Alun-alun Taman Pataraksa Terkendala

- Selasa, 14 September 2021 | 11:55 WIB
Alun-alun Taman Pataraksa Cirebon (INILAH/Maman Suharman)
Alun-alun Taman Pataraksa Cirebon (INILAH/Maman Suharman)

INILAHKORAN, Cirebon - Proyek Alun-alun Taman Pataraksa senilai Rp11 miliar yang berasal dari bantuan provinsi Jabar, diduga terkendala.

Pantauan di lapangan terlihat pengerukan tanah yang memakai beko, sempat terhenti. Pasalnya, baru sekitar tiga meter melakukan pengerukan, material yang harus dikeruk sebagian besar adalah batu berbagai ukuran.

Padahal dijadwalkan pengerukan harus selesai 14 hari. Sumber-sumber dari pekerja di lokasi proyek menyebutkan, beko sudah tidak kuat lagi melanjutkan pengerukan tanah. Bila terus dilanjutkan, khawatir alat berat justru akan rusak.

“Harus diganti alatnya. Ini materialnya bukan tanah, tapi malah batu. Kami juga tidak menyangka, di dalam tanah ternyata batu semua,” kata salah seorang pekerja proyek yang enggan disebutkan namanya, Selasa.

Baca Juga: Ormas Ini Geruduk DLH, Minta Pengerjaan Proyek Pataraksa Sumber Rp14 Miliar Tidak Asal-asalan

Hujan deras yang terus mengguyur sejak Selasa pagi, sampai berita ini diturunkan, membuat seluruh kegiatan pengerukan tanah untuk basemant itu, terhenti total.

Beberapa pekerja memilih untuk mencari tempat aman. Sementara, air terus menggenangi lokasi galian basement. Mesin pompa untuk menyedot airpun tidak dioperasikan karena kemungkinan takut ada konsleting.

Ironisnya, seluruh pejabat di Dinas Lingkungan Hidup (LH) Pemkab Cirebon, belum bisa dihubungi untuk menanyakan hal tersebut. Baik Kepala Dinas LH, Deni Nurcahyo maupun Kabid Pertamanan, Rio, enggan merespon telepon seluler maupun pesan Whatsapp.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon sempat geram. Sebab, pernyataan yang disampaikan DLH mengenai proyek Alun-alun Pataraksa Sumber mereka nilai mengajarkan kepada rekanan untuk menabrak aturan.

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X