• Jumat, 17 September 2021

Berkah di Balik Proyek Taman Patakarsa, Warga Ada yang Dapat Rp200 Ribu Sehari

- Selasa, 14 September 2021 | 12:41 WIB
Seorang warga di sekitar proyek Taman Patakarsa, Kabupaten Cirebon. (Maman Suharman)
Seorang warga di sekitar proyek Taman Patakarsa, Kabupaten Cirebon. (Maman Suharman)

INILAH, Cirebon - Material pengerukan proyek taman Pataraksa, tepatnya di depan Gedung Pemkab Cirebon berbuah berkah tersendiri bagi warga sekitar.

Proyek yang nilainya sekitar Rp11 milyar itu sedang berjalan. Sejauh ini, baru sekitar tiga meter beko menggali tanah untuk basement. 

Paving block pada area lahan yang akan dikeruk, menjadi berkah tersendiri. Salah satunya untuk warga Kecamatan Sumber bernama Surya. Pria paruh baya ini, sejak proyek mulai digelar, mulai mencongkel paving block secara manual. Dengan berbekal cangkul dan linggis, satu persatu paving block tersebut dia congkel.

"Lumayan. Sejak seminggu ini saya sudah dapat sekitar 300 an paving block. Ada yang saya jual, ada juga yang saya hibahkan secara gratis ke mushola, ataupun posyandu," kata Surya, Selasa 14 September 2021.

Baca Juga: Beko Menyerah, Pengurukan Proyek Alun-alun Taman Pataraksa Terkendala

Surya menjelaskan, pengambilan paving block harus teliti dan hati-hati. Namun kalau berhasil diambil, kondisi paving block masih sangat layak untuk dijual kembali. Selain kualitasnya masih bagus, juga masih sangat layak dan kuat untuk dipakai kembali.

"Satu paving block bisa saya jual antara sepuluh sampai lima belas ribu. Tergantung kondisi dan keberanian pembeli. Lumayan saja buat menambah penghasilan sehari-hari. Kalau penghasilan, dapatlah 200 ribu sehari," ucapnya.

Saat ini, hanya dirinya yang mau mengambil paving block bekas tersebut. Menurutnya, masih ada ratusan paving blok yang akan di ambil, selagi mesin beko belum mendahului melakukan pengerukan. Meskipun kondisi hujan, dirinya terus mengambil paving blok dengan harapan, setiap hari bisa mengumpulkan uang.

Baca Juga: Kapolri Listyo Sigit Prabowo Apresiasi Target 40 Ribu Vaksin di Jabar per Hari Terlampaui

"Sudah dua hari hujan. Ya berkah juga buat saya. Beko kan berhenti jadi saya bisa leluasa tanpa ada kekhawatiran didahului beko," jelasnya.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X