• Minggu, 17 Oktober 2021

Bupati Cirebon dan BBWS Cimanuk Cisanggarung Bahas Antisipasi Banjir dan Kekeringan

- Kamis, 23 September 2021 | 15:55 WIB
 (maman suharman)
(maman suharman)

INILAHKORAN, Cirebon - Bupati Cirebon Imron menerima kunjungan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisangarung di Pendopo, Kamis 23 September 2021. Dalam pertemuan itu banyak hal yang dibicarakan. Salah satunya terkait potensi yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon.

"Kami membicarakan potensi dan permasalahan yang ada di Kabupaten Cirebon, khususnya yang masih ada kaitannya dengan pihak BBWS Cimanuk Cisangarung," kata Imron.

Imron menjelaskan, wilayah Kabupaten Cirebon merupakan wilayah dataran rendah. Sehingga ketika ada hujan deras di wilayah Kabupaten Cirebon akan berdampak ke Kabupaten Cirebon sendiri. Imbasnya, setiap hujan turun pasti beberapa wilayah dikepung banjir.

Baca Juga: Besok Gerindra Distribusikan 50 Ribu Vaksin

"Kalau hujan, Kabupaten Cirebon selalu ada banjir. Karena Cirebon kan di bawah yang di atas itu ada Kuningan, sehingga butuh kerja sama dengan BBWS Cimanuk Cisangarung dan Pemkab Cirebon untuk mengatasinya," katanya.

Selain itu, lanjut Imron, pertemuan tersebut juga membahas potensi sumber daya yang ada di Kabupaten Cirebon.

Beberapa potensi sumber saya air, dibahas dalam pertemuan tersebut. Beberapa wilayah seperti Setu Patok, Setu Sedong, serta beberapa embung menjadi prioritas. Namun, sejumlah potensi air tersebut tidaklah cukup untuk mengairi semua sawah yang ada di Kabupaten Cirebon.

Baca Juga: DPRD Setujui Nota Kesepakatan KUA dan PPAS APBD 2022

"Kami juga masih mengandalkan Bendungan Jatigede untuk mengairi sawah di wilayah Barat Kabupaten Cirebon. Sehingga, misalkan bendungan tersebut mengalami kekurangan pasokan air itu akan berpengaruh terhadap pertanian di Kabupaten Cirebon wilayah Barat," ungkapnya.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X