• Kamis, 28 Oktober 2021

Sabet Lahan Cagar Alam, Jalan Baru Lingkar Luar Cipanas Garut Terkendala Pembebasan Lahan

- Minggu, 26 September 2021 | 15:56 WIB
 (zainulmukhtar)
(zainulmukhtar)

INILAHKORAN, Garut - Pembangunan jalan baru lingkar luar Cipanas Garut yang ditargetkan rampung pada 2021 masih menemui sejumlah kendala.

Salah satunya, pembangunan jalan menghubungkan persimpangan Gobing Desa Pasawahan dengan persimpangan Jalan Raya Samarang Desa Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler tersebut terkendala masalah pembebasan lahan.

Parahnya, pembebasan lahan bermasalah karena lahan dibebaskan sebelumnya ternyata merupakan kawasan cagar alam Kamojang komplek Gunung Guntur di lokasi bekas penambangan galian C ilegal di Blok PLP (Pusat Latihan Perang) Desa Pasawahan Kecamatan Tarogong Kaler.

Baca Juga: Jalan Baru Lingkar Luar Cipanas Picu Wisata Ilegal?

Anehnya, lahan yang terlanjur dibuka dan diratakan sebagai jalur jalan baru lingkar luar Cipanas tersebut bersertifikat atas nama seseorang warga.

Setelah diketahui lahan tersebut ternyata masih kawasan cagar alam, pembangunan jalan baru yang sudah memasuki tahap betonisasi pun tak bisa berlanjut. Jalur baru pun mesti dibuka dan bergeser ke lahan milik warga sejauh enam meter dari jalur yang sudah terlanjur dibangun itu. Panjang jalur baru yang harus dibuka tersebut mencapai sekitar 500 meter.

Tak diketahui bagaimana menyangkut perijinan pembangunan jalan lingkar luar Cipanas yang menyabet lahan kawasan cagar alam itu bisa terbit.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Dosi Arisandi melalui Kepala Resort Cagar Alam/Taman Wisata Alam Kamojang Sepdi Hendayana mengatakan, pembukaan jalan baru di blok PLP itu diketahui memakan lahan kawasan cagar alam ketika dilakukan survey patok batas kawasan.

Baca Juga: Pendaki Hilang di Gunung Guntur Garut, Tim SAR Masih Upayakan Pencarian

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Retana Siap Grak Jika Terjadi Bencana di Cianjur

Rabu, 27 Oktober 2021 | 22:30 WIB
X