• Jumat, 21 Januari 2022

Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak Gadisnya di Subang Masih Gelap, Ini Kata Pakar Kriminologi

- Kamis, 30 September 2021 | 20:07 WIB
Rumah korban pembunuhan ibu dan anak  di Subang (Ghiok Riswoto)
Rumah korban pembunuhan ibu dan anak di Subang (Ghiok Riswoto)

INILAHKORAN, Bandung- Tabir gelap masih menyelimuti kasus pembunuhan ibu dan anak gadisnya yakni korban Tuti (55) dan Amalia (23) warga Desa Jalancagak, Kabupaten Subang.

Kendati pihak kepolisian mengaku sudah menemukan titik terang atas tragedi maut tersebut. Namun, hingga kini polisi memilih untuk terus fokus melakukan penyelidikan.

Menyikapi kasus tersebut, Pakar Kriminologi dari Universitas Islam Bandung, Prof Nandang Sambas pun berpandangan lamanya proses penyelidikan memiliki dampak terhadap pengungkapan kasus pembunuhan ibu dan anak tersebut.

Menurut Nandang, dengan banyaknya keterangan atau data yang diperoleh polisi, hal itu berpotensi membuat bukti-bukti di awal menjadi bias.

"Karena semakin lama, semakin sulit untuk menentukan kausalitas sebab antara bukti fakta, petunjuk dengan data," kata Nandang Sambas saat dihubungi Antara, Kamis, 30 September 2021.

Baca Juga: Innalillahi...Selamatkan Adik, Remaja Cantik Bogor Malah Tenggelam di Kolam Retensi Cibuluh

Menurut Nandang, lamanya suatu pengungkapan dapat berpengaruh juga terhadap citra kepolisian di mata masyarakat. Karenanya, Nandang menyebut profesionalitas polri sedang diuji dalam kasus Subang tersebut.

"Kan masyarakat mah logika saja, tidak ditunjang dengan sientifik ilmu, logika saja, misalnya ketika ada orang yang lewat, dan ada barang yang hilang, orang pasti menunjuk (pencurinya) pasti orang lewat itu," kata Nandang.

Meski begitu, dalam kasus Subang ia berpandangan pihak kepolisian juga menginginkan adanya keakuratan dalam mengungkap tersangka atas kasus itu.

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIPI Terberat di Cianjur, 2 Lumpuh 1 Meninggal

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:20 WIB

Biadab! Kuli Bangunan di Tangsel Cabuli Bocah 5 Tahun

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:15 WIB

Lokasi SIM Keliling Karawang Kamis 20 Januari 2022

Kamis, 20 Januari 2022 | 08:30 WIB
X