• Selasa, 30 November 2021

Duh... Bakal Calon Kuwu di Cirebon Banyak Menggunakan Ijazah Kesetaraan yang Diduga Palsu

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 14:38 WIB
Disdik Kabupaten Cirebon meminta agar PPS lebih selektif dalam menerima persyaratan pendaftaran bakal calon kuwu, khususnya bagi pendaftar yang menggunakan ijazah kesetaraan. (maman suharman)
Disdik Kabupaten Cirebon meminta agar PPS lebih selektif dalam menerima persyaratan pendaftaran bakal calon kuwu, khususnya bagi pendaftar yang menggunakan ijazah kesetaraan. (maman suharman)

INILAHKORAN, Cirebon - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon memberikan imbauan kepada seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak di Kabupaten Cirebon.

Disdik meminta agar PPS lebih selektif dalam menerima persyaratan pendaftaran bakal calon kuwu, khususnya bagi pendaftar yang menggunakan ijazah kesetaraan paket.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Disdik Kabupaten Cirebon Herry Purnama, Minggu 10 Oktober 2021, saat memantau administrasi bakal calon kuwu.

Baca Juga: Daddy Rohanandy Sebut Penundaan Pilwu 2021 Merupakan Langkah Tepat

Kasi Kursus dan Kelembagaan Abdul Khodir pun sependapat dengan persyaratan administrasi bakal calon kuwu yang menggunakan ijazah paket, kerap menemui masalah saat proses legalisir.

“Sejauh ini, kami menemukan 7 ijazah paket B maupun C yang diduga tidak asli atau palsu. Masa ijazah paket B hanya berjarak dua tahun dengan paket C, itu kan tidak mungkin. Kami tidak mau melegalisir yang seperti itu,” ungkap Khodir.

Menurutnya, penolakan legalisir tersebut, karena pada dasarnya jenjang pendidikan dari tingkat Paket B dengan paket C, adalah sama. Yaitu tidak jauh beda dengan dengan pendidikan formal, yakni berjarak 3 tahun.

“Jika dipaksakan hal itu bisa menimbulkan persoalan di kemudian hari. Ini pernah kejadian beberapa kali sampai masuk ranah hukum. Ujung-ujungnya merugikan kuwu itu sendiri," jelasnya.

Baca Juga: Wow...Anggaran Pilwu Cirebon Rp21 Miliar

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Risih, Ratusan Ribu Lembing Batu Serang Warga Cirebon

Kamis, 25 November 2021 | 16:10 WIB
X