• Selasa, 30 November 2021

Walah! Bakal Calon Kuwu di Kabupaten Cirebon Jiwanya Terganggu

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 15:19 WIB

INILAHKORAN, Cirebon - Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak Kabupaten Cirebon tahun ini ternyata tidak semudah yang dikira. Salah satu peryaratan untuk maju dalam bursa Pilwu serentak yaitu harus mengantongi hasil surat tes Minnesota Multiphasic Persinality Inventory (MMPI).

Namun sayangnya, sejumlah bakal calon kuwu malah dinyatakan tidak sehat jiwanya.

Tercatat, dari total sekitar 560 peserta tes ditemukan ada enam persen dari peserta yang menjalani tes di RSUD Arjawinangun dinyatakan tidak sehat jiwa.

Meski demikian, ada sekitar 100 lebih peserta yang mengulang kembali dan sudah dinyatakan sehat jiwa.

Baca Juga: Duh... Bakal Calon Kuwu di Cirebon Banyak Menggunakan Ijazah Kesetaraan yang Diduga Palsu

Direktur RSUD Arjawinangun Bambang Sumardi mengatakan, tes tersebut sudah umum digunakan dalam berbagai momen. Salah satunya pelaksanaan Pilkada Cirebon dan Pilpres kemarin. Sementara, untuk Pilwu serentak juga memang dilakukan tes MMPI.

"Tes ini sebenarnya sudah umum dilakukan karena merupakan syarat wajib. Ya kami harus melakukan juga tes MMPI kepada balon kuwu. Kami hanya menerbitkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani," ungkapnya.

Menurutnya, khusus untuk MMPI ada 500 lebih soal yang harus dikerjakan dalam 2 jam. Tes tersebut diharapkan mampu membuat gambaran kondisi mental dan psikis peserta, yang nantinya akan menjadi pemimpin di desa masing-masing.

Baca Juga: Wow...Anggaran Pilwu Cirebon Rp21 Miliar

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Risih, Ratusan Ribu Lembing Batu Serang Warga Cirebon

Kamis, 25 November 2021 | 16:10 WIB
X