Jangan Panik Jika Terjadi KIPI Usai Disunti Vaksin Covid-19

Apapun jenis vaksinnya, setiap orang memiliki sensibilitas berbeda terhadap vaksin Covid-19. Ada yang merasakan otot nyeri, lemas, pusing.

Jangan Panik Jika Terjadi KIPI Usai Disunti Vaksin Covid-19

INILAHKORAN, Garut - Apapun jenis vaksinnya, setiap orang memiliki sensibilitas berbeda terhadap vaksin Covid-19. Ada yang merasakan otot-ototnya nyeri, lemas, pusing, atau demam beberapa saat usai divaksin.

Kejadian dirasakan tubuh atau biasa disebut Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) itu menurut Ketua Komisi Nasional KIPI Hingki Hindra Irawan Satari merupakan reaksi alamiah yang tak perlu disikapi dengan kecemasan berlebihan.

Tubuh bereaksi menetralisir terhadap setiap benda asing yang masuk. Dalam hal tersebut berupa vaksin yang berisikan antara lain antigen, antibiotik, dan pengawet. Reaksi tubuh tersebut bisa berupa radang, nyeri otot, pusing, dan lainnya karena sel-sel imun dimobilisasi oleh tubuh guna menetralisir benda asing untuk kemudian terbentuk kekebalan.

Baca Juga: Garut Sediakan 500 Dosis Vaksin Pfizer di Sentra Vaksinasi Pendopo

"Itulah yang dirasakan. Cuma, sensibilitas orang itu berbeda-beda, tetapi hasil akhirnya terbentuk kekebalan," paparnya dalam perbincangan kanal Yyoutube.

Hingki menegaskan, KIPI tidak berhubungan dengan imunisasi. Reaksinya biasanya terjadi berkaitan adanya kecemasan atau ketakutan seseorang sebelum atau sesudah divaksin. Bukan karena produk vaksin cacat, atau kekeliruan prosedur pemberian vaksin.

Halaman :


Editor : inilahkoran