• Senin, 29 November 2021

Sandiaga Uno: Pangandaran Membutuhkan Penguatan Atraksi Wisata Berbasis Narasi

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:34 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke Pangandaran. (istimewa)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke Pangandaran. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, program Desa Wisata merupakan konsep untuk memajukan hidup pedesaan dan ekonomi masyarakat setempat.

Dalam kunjungan kerjanya ke Desa Wisata Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Sandiaga Uno mendorong di daerah itu lebih giat menawarkan wisata budaya setempat. Dengan kearifan lokal, desa itu memiliki toleransi beragama yang relatif kuat.

"Penguatan Desa Wisata sebagai salah satu kekuatan pariwisata nasional. Secara ekonomi, sektor itu pun dapat membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Di Pangandaran ini, pihak-pihak yang berwenang bisa melakukan penguatan atraksi berbasis narasi sehingga dapat menimbulkan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke sini,” jelas Sandiaga Uno, Jumat 15 Oktober 2021.

Baca Juga: Sandiaga Uno MotoGP-Superbike Mandalika Berdampak pada Desa Wisata

Menurutnya, potensi ekonomi yang ada di Desa Wisata Selasari itu menjadi perhatian khusus Kementerian Parwisata dan Ekonomi Kreatif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Keberadaan program tersebut mendorong kebangkitan suatu desa dan masyarakat untuk lebih cepat dan lebih baik.

"Di sini kita bisa lihat, ekonomi masyarakat bisa berkembang dengan baik dengan program Desa Wisata," ujar Sandiaga Uno.

Sejumlah potensi yang bisa menggerakkan roda perekonomian setempat itu antara lain pembuatan souvenir, pembukaan tempat istirahat atau home stay, hingga warung makan agar para wisatawan bisa puas menikmati potensi wisata di lokasi tersebut. 

Baca Juga: Desa Wisata di Kabupaten Bandung, Sahrul Gunawan: Bangkitkan Ekonomi di Tengah Pandemi

"Di Desa Wisata Selasari ini, apa yang harus diangkat yaitu sport tourism. Itu karena di sini memiliki potensi keindahan gua sehingga wisatawan bisa mencoba rafting atau tubbing menyusuri sungai Santira," ujar Sandiaga Uno.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Why, Dewan Ancam Laporkan Sekdis DPKPP ke APH

Jumat, 26 November 2021 | 20:00 WIB

8.000 Guru Honorer di Garut Masuk Dapodik

Kamis, 25 November 2021 | 22:26 WIB

Risih, Ratusan Ribu Lembing Batu Serang Warga Cirebon

Kamis, 25 November 2021 | 16:10 WIB

Kasus Naik, RS di Garut Kembali Rawat Pasien Covid-19

Kamis, 25 November 2021 | 15:51 WIB
X