• Sabtu, 4 Desember 2021

Lahirkan Dalang Hebat, Garut Dukung Festival Kebudayaan Ini

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 20:30 WIB
Wakil Bupati Garut Helmi Budiman memberikan sambutan saat acara Festival dan Binojakrama Padalangan se-Kabupaten Garut di Gedung Bale Paminton Intan Dewata, Garut Kota, Jawa Barat, Rabu (20/10/2021).
Wakil Bupati Garut Helmi Budiman memberikan sambutan saat acara Festival dan Binojakrama Padalangan se-Kabupaten Garut di Gedung Bale Paminton Intan Dewata, Garut Kota, Jawa Barat, Rabu (20/10/2021).

INILAHKORAN, Bandung-Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, mendukung pelaksanaan Festival Pedalangan untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah sekaligus melahirkan dalang hebat dari Garut yang profesional dan dikenal di tingkat nasional maupun internasional.

"Hari ini ada festival untuk anak-anak, remaja, dan dewasa untuk mempersiapkan ke depan dalang-dalang kita yang profesional, dan berskala bukan hanya Garut, (tapi) berskala nasional dan internasional," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman saat menghadiri Festival dan Binojakrama Padalangan se-Kabupaten Garut di Gedung Bale Paminton Intan Dewata, Garut Kota, Rabu 20 Oktober 2021.

Helmi mengapresiasi Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Garut yang menggelar acara bertemakan "Dalang Boga Kahayang" selama dua hari sampai 21 Oktober 2021 sehingga dunia seni wayang kembali bangkit.

Baca Juga: Spoiler Ikatan Cinta RCTI, Hari Ini 21 September 2021: Felix Membongkar Dalang Peneroran Keluarga Al?

"Alhamdulillah Kabupaten Garut mulai bangkit khususnya di budaya pewayangan dan pedalangan," katanya.

Ia berharap acara yang diinisiasi Pepadi Kabupaten Garut itu bisa membangkitkan budaya Garut khususnya di bidang pewayangan dan pedalangan, serta muncul generasi pedalangan yang hebat dari Garut.

Helmi juga berharap seniman Garut bisa dikenal lebih luas seperti halnya seniman wayang terkemuka yang selama ini terus melegenda yaitu Asep Sunandar Sunarya (alm).

Baca Juga: Sandiaga Uno Sebut Dalang Berperan Penting Narasikan Hidup Berdampingan Bersama Covid-19

"Sudah banyak dalang di Kabupaten Garut ini, sudah banyak yang bermunculan, tapi ini kan perlu diasah, perlu ditampilkan lebih banyak sehingga bisa profesional, saya berharap ada lahir lagi Asep Sunandar Sunarya di Kabupaten Garut," kata Helmi.

Ketua Pepadi Kabupaten Garut Aa Rahayu menambahkan kegiatan tersebut diikuti 13 peserta padalangan terbaik dari Garut yaitu lima dalang anak-anak, lima dalang remaja, dan tiga dalang dewasa.

Ia mengungkapkan syukur bisa menyelenggarakan kegiatan tersebut karena selama beberapa tahun ke belakang dunia seni pewayangan terasa mati suri, terutama saat pandemi COVID-19.

Baca Juga: Swedia Tuding Rusia Jadi Dalang Peretasan Badan Olahraga

Tujuan dari festival itu, kata dia, salah satunya untuk membangun sumber daya seniman wayang khususnya pedalangan yang memiliki potensi dan keinginan kuat untuk mengembangkan seni tersebut.

"Kita gali potensi-potensi, sumber daya dalang yang ada di Kabupaten Garut mulai dari bocah, apalagi program unggulan PEPADI untuk tahun ini adalah 'Padalangan Masuk SD’, mudah-mudahan bisa sinkron dengan dinas pendidikan," katanya.***

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Bekasi Salurkan Bantuan ke Yayasan ODGJ Tambun

Jumat, 3 Desember 2021 | 10:47 WIB

Lima Sembuh, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Menurun

Jumat, 3 Desember 2021 | 09:51 WIB

Ribuan Buruh Pabrik Rokok Peroleh BLT dari DBHCHT

Rabu, 1 Desember 2021 | 16:10 WIB

Pemkab Cirebon Dorong Regenerasi Petani

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:15 WIB
X