• Sabtu, 4 Desember 2021

Tahun Depan, RSUD Garut Terapkan e-BLUD agar Pengelolaan Keuangan Transparan

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 17:30 WIB
 (zainulmukhtar)
(zainulmukhtar)

INILAHKORAN, Garut - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut siap menerapkan pengelolaan keuangan daerah berbasis aplikasi e-BLUD mulai 2022 mendatang.

Dengan diterapkannya Badan Layanan Umum Daerah secara elektronik (e-BLUD), diharapkan pengawasan pengelolaan keuangan di rumah sakit terbesar di Garut milik Pemkab Garut tersebut dapat dilakukan secara transparan tanpa terkontaminasi kepentingan politik.

“Mulai tahun depan, saya akan membuka cashflownya rumah sakit. Berapa rencana pendapatan, berapa rencana pengeluaran, dan apa yang dikeluarkan, itu untuk apa. Dengan demikian, juga masyarakat akan mengontrol hal yang berhubungan dengan keberadaan rumah sakit," kata Bupati Garut Rudy Gunawan pada Sosialisasi e-BLUD di Lingkungan Pemkab Garut di Ballroom Hotel Harmoni Kecamatan Tarogong Kaler, Jumat 22 Oktober 2021.

Baca Juga: Ini 3 RS Selain RSUD dr Slamet yang Jadi RS Rujukan Covid-19 di Garut

Menurutnya, e-BLUD merupakan sebuah sistem otonom dan tidak ada proses politik di dalamnya. Juga sebagai bagian pelayanan otonom di bidang keuangan. Sehingga suatu instansi bisa melakukan pengelolaan keuangan dengan bebas tanpa campur tangan dari pemerintah daerah.

"BLUD itu adalah hakekatnya memberikan fleksibilitas kepada satu kegiatan yang dikelola oleh satu institusi, satu entitas rumah sakit supaya dia bebas bergerak. Karena kalau di APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah), waktunya hanya dua kali dalam setahun, harus melalui persetujuan DPRD. Ada proses politik. Kalau di BLUD, tidak ada proses politik. Semua berjalan berdasarkan kebutuhan dan profesionalisme," yakinnya.

Untuk itu, Rudy Gunawan berharap penerapan e-BLUD di RSUD dr Slamet Garut tersebut akan mempermudah monitoring jalannya keuangan pemerintah daerah.

Baca Juga: Buset, Ibu Rumah di Garut Jualannya Minuman Keras, Stoknya Hingga Ratusan Botol

Sementara itu, Direktur Utama RSUD dr Slamet Garut Husodo Dewo Adi menambahkan, e-BLUD merupakan sebuah program untuk menstandarisasi pengelolaan keuangan pada suatu instansi di setiap daerah agar tidak berbeda-beda.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Bekasi Salurkan Bantuan ke Yayasan ODGJ Tambun

Jumat, 3 Desember 2021 | 10:47 WIB

Lima Sembuh, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Menurun

Jumat, 3 Desember 2021 | 09:51 WIB

Ribuan Buruh Pabrik Rokok Peroleh BLT dari DBHCHT

Rabu, 1 Desember 2021 | 16:10 WIB

Pemkab Cirebon Dorong Regenerasi Petani

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:15 WIB
X