• Sabtu, 4 Desember 2021

Pengurus Ikhwan KHAS Cirebon 2021-2024 Resmi di Lantik di Hari Santri Nasional

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 15:30 WIB
Pengurus Cabang Ikatan Alumni Pondok Pesantren Kiai Haji Aqiel Siroj (Ikhwan KHAS) Cirebon Periode 2021-2024, (Maman Suharman)
Pengurus Cabang Ikatan Alumni Pondok Pesantren Kiai Haji Aqiel Siroj (Ikhwan KHAS) Cirebon Periode 2021-2024, (Maman Suharman)
INILAHKORAN, Cirebon-Pengurus Cabang Ikatan Alumni Pondok Pesantren Kiai Haji Aqiel Siroj (Ikhwan KHAS) Cirebon Periode 2021-2024, resmi dilantik . Pelantikan bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, di Pendopo Bupati Cirebon, Jumat (22/10/2021) malam.
 
Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Cirebon, Imron, Masyayikh dan Dzurriyah Pondok Pesantren KHAS Kempek, unsur dewan pembina dan penasehat serta seluruh pengurus harian PC Ikhwan KHAS Cirebon.
 
Pengasuh Pondok Pesantren KHAS Kempek, KH Musthofa Aqil Siroj menyampaikan, PC Ikhwan KHAS Cirebon dibentuk untuk menciptakan susana kondisi yang seirama. Sebab jika pondok pesantren tidak dibesarkan oleh para alumninya, maka apa yang ada dalam induk tidak akan terkenal.
 
 
Aqil Siroj mengaku bangga karena keberadaan pesantren, santri, dan kiai kini telah diakui oleh pemerintah. Meski selama berpuluh-puluh tahun, keberadaan pesantren maupun pendidikan di dalamnya tidak pernah dianggap ada. Padahal, kontribusi kalangan pesantren untuk kemerdekaan NKRI dan kemajuan bangsa ini sangatlah besar.
 
"Pesantren dulu dimarjinalkan, disingkirkan, tidak pernah diakui. Dalam pendidikan pun tidak diperhitungkan. Alhamdulillah keberadaan pesantren sekarang sudah diakui oleh pemerintah. Terbukti dengan adanya HSN dan Undang-Undang Pesantren," kata  Aqil Siroj.
 
Hal senada dikatakan Ketua Umum Ikhwan KHAS Kempek, KH. Ni'amillah Aqiel Siroj . Menurutnya pelantikan ini tertunda atau lebih akhir dari pelantikan Pengurus Cabang Brebes, Indramayu, Tegal, dan lainnya. Tetapi, setelah konsolidasi dan terus berupaya untuk dibentuk kepengurusan, akhirnya bisa terlaksana pengukuhan ini.
 
 
"Ikatan ini perlu dibentuk agar terjalin komunikasi baik antara alumni dengan masyayikh maupun sesama alumni. Kita harus bekerja sama menentukan kesepakatan antara alumni dan masyayikh. Kalau ada pesantren yang mentereng pasti ada alumni yang bagus. Maka kami mohon kepada seluruh Pengurus Cabang Ikhwan KHAS Cirebon agar bisa membangun sinergi antar semuanya," ungkapnya.
 
Sementara Ketua PC Ikhwan KHAS Cirebon Periode 2021-2024, Ustadz Akromi menyampaikan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Cirebon, masyayikh dan dzuriyah Pondok Pesantren KHAS Kempek. Karena Ikhwan KHAS Cirebon dibentuk dan dipimpin langsung oleh masyayikh Pondok Pesantren KHAS Kempek.
 
Menurut dia, PC Ikhwan KHAS Cirebon telah diisi oleh berbagai SDM yang mumpuni di masing-masing departemen yang telah dibentuk. Baik dalam bidang keagamaan, hukum, media, dan bidang lainnya.
 
 
"Mudah mudahan Ikhwan KHAS Cirebon kedepannya bisa maju, berkarya, dan bisa mewarnai semua instansi dan bidang-bidang lainnya," ujarnya.
 
Sedangkan Bupati Cirebon,  Imron dalam sambutannya menyampaikan, dirinya merasa senang dan bangga karena di peringatan HSN 2021 ini, pendopo ditempati oleh para santri, alumni, kiai, dan nyai dari Pondok Pesantren KHAS Kempek. 
 
"Saya berpesan kepada santri bahwa Indonesia sekarang negara terbuka dan persaingan juga terbuka. Kita lihat sejarah, kebaikan perlu adanya perjuangan. Sebab, kebaikan yang tidak terorganisir akan kalah dengan kejahatan yang terorganisir," tutur  Imron.*** (maman suharman)
 
 
 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Bekasi Salurkan Bantuan ke Yayasan ODGJ Tambun

Jumat, 3 Desember 2021 | 10:47 WIB

Lima Sembuh, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Menurun

Jumat, 3 Desember 2021 | 09:51 WIB

Ribuan Buruh Pabrik Rokok Peroleh BLT dari DBHCHT

Rabu, 1 Desember 2021 | 16:10 WIB

Pemkab Cirebon Dorong Regenerasi Petani

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:15 WIB
X