• Selasa, 30 November 2021

Investasi di Kabupaten Cirebon Besar-besaran, Eh... Potensi Pajak MBLB Menghilang

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 15:11 WIB
 (maman suherman)
(maman suherman)

INILAHKORAN, Cirebon - Investasi besar-besaran di Kabupaten Cirebon berupa pembukaan beberapa kawasan industri disambut baik banyak pihak. Namun, potensi kontribusi pajak mineral bukan logam dan batuan (MBLB) itu sampai sekarang tidak signifkan.

Dikhawatirkan, meskipun investasi besar-besaran namun justru tidak membawa dampak apapun untuk bisa mendongkrak potensi pajak MBLB. Demikian dikatakan anggota Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon Cakra Suseno, Minggu 24 Oktober 2021.

Cakra Suseno menjelaskan, rasa khawatir komisi II terkait tidak akan terdongkraknya potensi pajak MBLB sangat beralasan. Pasalnya, hingga sekarang pun pajak MBLM masih berkisar Rp12 miliar.

Baca Juga: Cirebon Dibidik Investor

Itu pun hampir 80 persennya dari pajak Indocement. Sementara, investasi berupa pembukaan puluhan hektare kawasan industri di wilayah timur Cirebon, seharusnya bisa menambah potensi pajak khususnya MBLB.

"Kan sudah jelas, dengan dibukanya kawasan industri di sana pasti memerlukan urugan. Baik itu batuan, tanah merah, pasir atau pun yang sifatnya masuk ke potensi pajak MBLB. Tapi dari tahun tahun kemarin tidak ada kenaikan sama sekali. Angkanya masih didominasi dari MBLB Indocement," kata Cakra Suseno.

Cakra Suseno mengaku, pihaknya sama sekali tidak alergi dengan adanya investasi yang ada di Kabupaten Cirebon. Malahan, justru merupakan hal yang sangat baik untuk bisa mendongkrak perekonomian yang ada. Namun seharusnya, pihak investor juga tidak mengabaikan aturan yang sudah ditetapkan. Saat investasi dilakukan pengurugan, harusnya sudah dilaporkan ke Pemkab Cirebon, berapa potensi pajak MBLB yang harus dibayarkan.

Baca Juga: Apindo Jabar: Calon Investor Potensial Segera Tanamkan Modal di Cirebon

"Namanya investasi, pasti ada urugan dong. Di sinilah potensi pajak harusnya diawasi ketat oleh Bappenda selaku dinas yang bertanggung jawab bisa mendongkrak potensi pajak. Kenyataannya pengawasan sangat longgar. Akhirnya potensi pajak MBLB tidak tahu berapa," jelas Cakra Suseno.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Risih, Ratusan Ribu Lembing Batu Serang Warga Cirebon

Kamis, 25 November 2021 | 16:10 WIB
X