• Minggu, 5 Desember 2021

Panen Padi di Cirebon, Syahrul Yasin Limpo: Sektor Pertanian Tumbuh 2,7 Persen

- Senin, 25 Oktober 2021 | 14:11 WIB
 (maman suharman)
(maman suharman)

INILAHKORAN, Cirebon - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo merayakan Hari Pangan Sedunia 2021 dengan cara melakukan panen padi. Kegiatan itu pun disaksikan langsung secara virtual oleh kedutaan berbagai negara serta gubernur dan kepala daerah se-Indonesia.

Acara dilakukan bersama petani di Desa Jagapura Wetan, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Senin 25 Oktober 2021.

Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Indonesia selalu mampu mempertahankan ketahanan pangannya dan mengucapkan terima kasih bagi para petani di tengah pandemi Covid-19.

"Pertanian kita meningkat ditengah pandemi dan krisis global. Saya harapkan bisa berkontribusi pada PDB," ungkapnya.

Baca Juga: Bappeda Karawang: Kemiskinan Ekstrem Tersebar di Pedesaan dan Pertanian

Menurutnya, sektor pertanian pada tahun ini tumbuh sebesar 2,7 persen. Sementara, sektor lain mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19. Terbukti, kegiatan ekspor pertanian sebesar 15,4 persen pada 2020 malah melebihi target dibandingkan tahun sebelumnya.

"Dengan adanya peningkatan kegiatan ekspor itu, harus menjadi konsolidasi anak bangsa. Ini untuk memperhatikan ketahanan pangan karena sektor pertanian membuka lapangan pekerjaan yang besar. Bertani itu hebat dan jadi petani itu keren harus disampaikan kepada para pemuda," ujarnya.

Ke depan, Syahrul Yasin Limpo mengakui akan ada tantangan yakni krisis air bila terjadi kemarau. Untuk itu, dia berpesan harus memanfaatkan air dengan bijak.

Baca Juga: WJIS 2021: Agro Jabar-Pindad Sepakat Kembangkan Teknologi Pertanian

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Risih, Ratusan Ribu Lembing Batu Serang Warga Cirebon

Kamis, 25 November 2021 | 16:10 WIB
X